Sukses

Prediksi Final Wimbledon: Venus Tuntaskan Penantian Lama?

Venus sudah tak memenangkan Grand Slam sejak 2008.

Liputan6.com, Jakarta - Perbedaan usia punya daya tarik tersendiri pada final Wimbledon 2017 yang mempertemukan Venus Williams versus Garbine Muguruza, Sabtu (15/7/2017) malam WIB. Ini sangat menarik untuk melihat siapa yang akan keluar sebagai juara turnamen grand slam ketiga tahunan ini.

Venus melangkah ke final setelah menghentikan langkah petenis tuan rumah Johanna Konta, 6-4, 6-2. Selangkah lagi, Venus bakal mencatatkan namanya sebagai petenis tertua dalam sejarah Grand Slam Wimbledon di era terbuka sejak Billie Jean King pada 1968. Dengan catatan, dia mampu menyelesaikan tugas terakhirnya melawan Muguruza.

Sebenarnya ini bukan perkara yang sulit buat Venus lantaran dia telah menguji kapasitasnya di lapangan rumput. Sejumlah petenis unggulan wanita berhasil dijinakkannya jelang Final Wimbledon. Sekarang dia tinggal menjaga konsistensinya untuk merebut gelar grand slam pertamanya yang sudah tak dirasakannya hampir satu dekade sejak kemenangannya di Wimbledon pada 2008 lalu.

Faktor yang membuat Venus bertahan hingga saat ini adalah dia selalu mengerahkan seluruh kekuatan dan pengalamannya selama berada di lapangan rumput. Meskipun kecepatan pukulannya sudah berkurang, namun dia selalu mempunyai strategi jitu untuk mengalahkan lawannya, seperti yang dilakukannya saat berhadapan dengan Konta.

"Luar biasa. Mungkin tidak ada yang akan memilih sejak awal bahwa Venus akan berada di final. Tapi saya pikir semakin lama turnamen berlangsung, dia berhasil keluar dari pertandingan sulit. Tapi semakin banyak undian yang dibuka, semakin dia merasa seperti saat itu. Bersinar," jelas Martina Hingis.

Saksikan video menarik di bawah ini:



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Dewi Fortuna

Di bagian terpisah, Muguruza berharap dewi fortuna berpihak kepadanya saat bentrok dengan Venus. Soalnya, dia tengah mengejar gelar pertamanya di Wimbledon. Tapi sepertinya laga ini bakal sulit buat petenis asal Spanyol, sebab dari empat pertemuan terakhirnya, dia baru mengoleksi satu kemenangan dan tiga kali menelan kekalahan dari Venus.

Kutukan Muguruza bertemu Williams bersaudara juga bisa dijadikan sebagai pembahasan menarik di laga final kali ini. Petenis berusia 23 tahun itu sebelumnya tercatat sudah dua kali menembus babak final grand slam di Wimbledon (2015) dan Prancis Terbuka (2016).

Dari dua turnamen bergengsi itu, Muguruza sukses mengamankan trofi Prancis Terbuka setelah mengalahkan Serena Williams di lapangan tanah liat dengan 7–5, 6–4. Melihat catatan tersebut, kira-kira siapa yang bakal memenangkan pertandingan final ini?

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.