Sukses

Ini 2 Olahraga Favorit Barack Obama Saat Menjabat Presiden AS

Liputan6.com, Jakarta Barack Obama merupakan satu dari sederet kepala negara yang menggandrungi olahraga. Tidak hanya berkecimpung langsung di dalamnya, Presiden ke-44 Amerika Serikat itu kerap menggunakan istilah olahraga sebagai metafora dalam pidatonya.

Saat Donald Trump terpilih, 9 November 2016 lalu, Obama sempat membuat perumpamaan olahraga saat menyampaikan pidato kenegaraan. Presiden Amerika Serikat berkulit hitam pertama itu menyamakan profesinya dengan pelari estafet.

"Anda mengambil tongkat itu, Anda lari secepat yang Anda bisa, dan mudah-mudahan, pada saat Anda melepaskannya, Anda akan sedikit maju ke depan dan membuat sedikit kemajuan. Dan saya dapat katakan bahwa kami telah melakukan itu, dan saya ingin memastikan bahwa operan ini tereksekusi dengan baik, karena pada dasarnya kita berada pada tim yang sama," kata Obama seperti dilansir newsone.com.

Di tengah kesibukannya sebagai kepala negara, Obama ternyata masih menyempatkan diri bermain golf. Menurut laporan CBS News, hingga Agustus 2016, Obama telah menyelesaikan permainan tersebut sebanyak 300 ronde di dalam kantornya.

Ini membuatnya menjadi pegolf paling aktif di Gedung Putih setelah Presiden AS sebelumnya, Dwight Eisenhower, yang memainkannya sebanyak 800 ronde.

Namun, hobi ini juga membuat Obama beberapa kali kena kritik. Salah satunya ketika Obama memilih bermain golf di Martha’s Vineyard. Obama dituding tidak peka karena memilih pergi saat banjir besar melanda Louisiana. Obama juga sempat dikritik karena bermain golf dengan Tiger Woods. Menurut lembaga audit Amerika Serikat, perjalanan ini menggunakan uang negara sebesar 3,6 juta dolar atau setara Rp 47, 9 miliar.

Sementara itu, golf bukan satu-satunya olahraga favorit Obama. Saat pertama kali menjabat sebagai presiden, Obama langsung membangun lapangan basket di Gedung Putih. Semangatnya terhadap olahraga ini berakar sejak masih kecil di Hawai.

Perkenalannya diawali lewat bola basket yang diberikan ayahnya saat Natal. Obama juga pernah memperkuat tim SMA dan berniat jadi pemain basket profesional.

Obama juga tidak lupa memberi selamat kepada pemenang NBA 2016/17. Dia memberikan selamat lewat pesan singkat (SMS) melalui peraih MVP, Kevin Durant.

Obama kini bukan lagi menjabat Presiden AS. Posisinya digantikan oleh Donald Trump yang menang dalam pemilihan tahun lalu. Rencananya, Obama kembali akan berkunjung ke Indonesia. Namun kali ini, bukan untuk kunjungan kenegaraan seperti yang dilakukan 2010 lalu, melainkan untuk berlibur bersama keluarga. (Refaldo)

Simak juga berita menarik lainnya seputar atlet bulu tangkis Indonesia, Belleatrix Manuputty pada video di bawah ini:

Loading