Sukses

Pertamina Izinkan Persiba Gunakan Parikesit Selama Sebulan

Liputan6.com, Balikpapan – Keinginan Persiba Balikpapan kembali ke Stadion Parikesit, Balikpapan mulai menunjukkan titik terang. PT Pertamina (Persero) akhirnya memberikan lampu hijau bagi Persiba untuk menggelar latihan maupun menjamu lawan-lawannya di sana.

"Selama sebulan saja sejak tanggal 1 hingga 30 Juni nanti,” kata Humas Pertamina Balikpapan, Alicia Irzanova, Rabu (24/5/2017).

Alicia mengatakan, Pemkot Balikpapan, bersurat meminta izin sebulan pemanfaatan Stadion Parikesit sebelum dibongkar, imbas dari perluasan kilang minyak Pertamina. Pertamina sendiri ingin segera penuntasan proyek perluasan kilang Balikpapan yang diperkirakan total menelan dana investasi Rp 60 triliun.

"Sesuai permintaan hanya sebulan Juni mendatang saja," ungkapnya.

Alicia menyebutkan, Pertamina menghargai aspirasi warga Balikpapan yang ingin memanfaatkan Stadion Parikesit ini. Sehubungan itu, Alicia menyatakan, Pertamina sedang menyusun draft surat perjanjian pemanfaatan Stadion Parikesit melibatkan Pemkot Balikpapan, Pertamina dan Persiba.

"Surat suratnya sedang dikirimkan ke masing masing pihak untuk ditanda tangani. Tidak ada proses seremoni sehubungan agenda ini,” ungkapnya.

Terpisah, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendy lewat akun media sosial mengumumkan pemanfaatan kembali Stadion Parikesit. Pernyataannya ini berbarengan saat Persiba digebug 2 gol tanpa balas tamunya, Persipura FC di Stadion Gajayana Malang.

"Surat permohonan peminjaman kembali lapangan Parikesit yang minggu lalu saya serahkan ke Pertamina sudah mendapat respon baik,” tulisnya.

Rizal melobi Pertamina agar mengizinkan penggunaan sementara stadion di Jalan Parikesit. Dia kini sudah kantongi izin dari otoritas Pertamina di Balikpapan.

Menurutnya, pengurus Persiba akan segera menindak lanjuti perubahan lokasi kandang dengan bersurat ke PT Liga Indonesia. Stadion Parikesit setidaknya bisa untuk menggelar pertandingan lawan Borneo FC dan Bhayangkara FC selama bulan Juni nanti.

2 dari 2 halaman

Disambut Antusias

Pengurus Persiba pun antusias menyambut keputusan ini. Sebab selama ini, mereka kebingungan untuk mencari markas baru pengganti Parikesit. Selama dua bulan, Beruang Madu terpaksa mengungsi ke Stadion Gajayana, Malang dan hasilnya terperosok ke dasar klasemen Liga 1.

"Kemenangan perdana Persiba bisa terealisasi di Stadion Parikesit Balikpapan,” kata Manager Marketing Persiba, Yaser Arafat.

Menurut Yaser, performa Persiba tidak mengkilap selama menggelar laga di Stadion Gajayana. Persiba hanya mampu mengemas satu poin dari tujuh laga serta terhempas di jurang klansemen sementara Liga 1.

Saat pertandingan digelar di Balikpapan, Yaser menyakini, Persiba akan mampu menampilkan permainan terbaiknya. Menurutnya, suporter Persiba berkontribusi mempersembahkan kemenangan perdana serta menjauh dari lubang degradasi.