Sukses

MotoGP: Start dari Posisi Ketujuh, Bagaimana Peluang Rossi?

Rossi memang terlihat sudah bermasalah sejak latihan bebas pertama MotoGP Spanyol.

Liputan6.com, Jerez - Untuk kesekian kalinya, pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, gagal mendapat posisi bagus pada sesi kualifikasi MotoGP. Pada balapan MotoGP Spanyol 2017 di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5/2017), ia bakal start dari posisi ketujuh.

Sejatinya, Rossi memang terlihat sudah bermasalah sejak latihan bebas pertama MotoGP Spanyol. Hanya sekali The Doctor mampu duduk di posisi kelima, yakni pada latihan bebas ketiga. Itu pun ia masih terpaut 0,5 detik dari Dani Pedrosa.

Karenanya, tak mengherankan jika pembalap berusia 38 tahun itu, hanya mampu memulai balapan dari urutan ketujuh. Ia menorehkan waktu 1 menit 38,908 detik, terpaut 0,659 detik dari Pedrosa yang merebut pole position.

"Secara umum kualifikasi tidak begitu buruk. Kami memperbaiki banyak hal dengan motor. Sesi latihan saya cukup baik. Itu adalah modal bagus untuk kualifikasi," kata Rossi usai sesi kualifikasi, seperti dilansir Crash, Sabtu (6/5/2017).

"Sayangnya, saya tak mampu membuat lap yang bagus pada kualifikasi, lap sempurna. Saya tidak senang karena harus mulai dari baris ketiga, yang akan jauh lebih sulit. Lima besar menurut saya masih mungkin, pastinya lebih baik untuk balapan," ia menambahkan.

Rossi sendiri adalah juara bertahan MotoGP Spanyol pada musim 2016. Kala itu, ia mampu menyelesaikan balapan dengan waktu 45 menit 28,834 detik dan merebut podium juara. Bedanya, saat itu Rossi juga memulai balapan dari posisi terdepan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lambat di Tikungan

Kini, ia harus memulai aksinya dari baris ketiga di sirkuit yang begitu sulit bagi seorang pembalap untuk menyalip. Sialnya lagi, pengoleksi sembilan gelar juara dunia di semua kelas itu mengeluhkan kelemahan YZR-M1 di tikungan.

"Kami masih harus bekerja, saya tidak merasa nyaman 100%. Saya masih memiliki beberapa masalah dengan masuknya tikungan. Kami punya pemanasan, 20 menit untuk mencoba dan memperbaiki, memahami dan membuatnya lebih baik lagi," jelas Rossi.

Hasil pada MotoGP Spanyol pun akan menentukan posisi Rossi di klasemen pembalap. Saat ini ia memang berstatus sebagai pemuncak klasemen dengan raihan 56 poin. Namun, ia hanya unggul enam poin dari Maverick Vinales, rekan setimnya yang start dari urutan keempat.

Rossi sendiri dikenal sebagai pembalap yang tak berpengaruh pada hasil latihan bebas dan kualifikasi. Pasalnya, ia selalu mampu menciptakan kejutan dan berjuang untuk podium saat balapan digelar. Itu mengapa ia mendapat julukan sebagai Sunday Racer.

3 dari 3 halaman

Klasemen Pembalap

1. Valentino Rossi (Movistar Yamaha): 56
2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha): 50
3. Marc Marquez (Repsol Honda): 38
4. Andrea Dovizioso (Ducati): 30
5. Cal Crutchlow (LCR Honda): 29
6. Dani Pedrosa (Repsol Honda): 27
7. Johann Zarco (Yamaha Tech 3): 22
8. Jonas Folger (Yamaha Tech 3): 21
9. Scott Redding (Pramac Racing): 21
10. Jack Miller (Marc VDS): 21
11. Danilo Petrucci (Pramac Racing): 17
12. Alvaro Bautista (Pull&Bear): 14
13. Jorge Lorenzo (Ducati): 12
14. Aleix Espargaro (Aprilia): 10
15. Loris Baz (Avintia): 9
16. Andrea Iannone (Suzuki): 9
17. Hector Barbera (Avintia): 8
18. Karel Abraham (Pull&Bear): 8
19. Tito Rabat (Marc VDS): 8
20. Aleix Rins (Suzuki): 7
21. Pol Espargaro (KTM): 2
22. Bradley Smith (KTM): 1
23. Sam Lowes (Aprilia): 0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.