Sukses

MotoGP Argentina: Michelin Jawab Kritik Pembalap soal Ban

Para pembalap mengkritik Michelin usai balapan MotoGP Qatar.

Liputan6.com, Termas de Rio Hondo - Piero Taramasso selaku Manajer Michelin mengklaim sudah menyiapkan tiga ban yang akan digunakan untuk MotoGP Argentina. Ini menjadi jawaban dari kritik yang dilancarkan para pembalap kepada Michelin setelah MotoGP Qatar.

Jelang balapan Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, para pembalap menuntut Michelin menyediakan jenis ban lebih banyak. Mereka tidak ingin peristiwa di Qatar terulang saat tingginya tingkat keausan ban belakang motor.

Oleh karena itu, perusahaan ban asal Prancis telah menyiapkan ban soft, medium, dan keras dengan menyesuaikan tingkat kesulitan yang pada aspal. Taramasso menekankan senyawa lembut belakang dan menengah akan menampilkan desain asimetris dengan bahu kanan lebih keras. Sementara pilihan sulit akan menjadi versi simetris.

Sejatinya sirkuit ini memiliki panjang 4.805 meter dengan lebar 16 meter. Sebanyak 14 tikungan yang terdiri dari sembilan ke kanan dan lima ke kiri harus ditaklukkan para pembalap.

"Ini adalah salah satu balapan yang membuat semua orang di Michelin sangat fokus untuk menyediakan ban. Kami belajar banyak hal dari balapan di Argentina tahun lalu," kata Taramasso seperti dikutip dari Paddocktalk, Jumat (7/4/2017).

Target Michelin sekarang adalah untuk meningkatkan tingkat ban di trek di mana mereka berjuang di MotoGP musim lalu. Jadi, Michelin berusaha mencari dan membuat langkah besar untuk perubahan.

"Karakteristik ini dapat menempatkan tuntutan besar pada kedua ban (bagian depan dan belakang). Cuaca juga bisa sangat tak terduga di sana terutama tahun ini," jelas Taramasso. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini