Sukses

Suzuki Terancam Tanpa Alex Rins di MotoGP Argentina

Alex Rins musim ini merupakan debutan di ajang MotoGP.

Liputan6.com, Barcelona - Suzuki Ecstar belum bisa memastikan apakah Alex Rins akan ambil bagian di seri kedua MotoGP 2017 yang berlangsung Argentina. Suzuki masih menanti konfirmasi dari tim medis yang merawat Rins.

Tim medis Universitas Rumah Sakit Dexeus di Barcelona mengonfirmasi Alex Rins mengalami cedera tulang talus atau tulang paling atas dari pergelangan kaki kanannya. Pemeriksaan cedera Rins masih dilakukan demi mendapat data akurat.

"Para dokter yang dipimpin oleh Dr Xavier Mir, Kepala Unit, Bedah ortopedi, Koordinator MotoGP Traumatologi Service, dan Kepala kaki Satuan Rumah Sakit Quiron-Dexeus mengevaluasi cedera yang dialami pembalap Spanyol. Dari hasil pemeriksaan dapat disimpulkan bahwa Rins mengalami patah tulang talus," bunyi pernyataan resmi pihak rumah sakit, seperti dikutip dari Motorsportweek, Sabtu (1/4/2017).

Sekadar informasi, Rins terancam absen membela tim Suzuki di seri kedua setelah mengalami kecelakaan saat melakukan latihan motorcross. Tentunya ini bukan kabar yang bagus buat Suzuki mengingat pembalap berusia 21 tahun itu memulai debut yang cukup mengesankan di MotoGP dengan berada di posisi kesembilan pada balapan di Grand Prix Qatar, akhir pekan lalu.

Kendati demikian, masih ada tanda tanya besar apakah Rins bakal tampil pada seri kedua atau tidak. Karena hingga saat ini belum ada informasi lebih jauh dari tim Suzuki. Tapi, menurut laporan, tim Pabrikan Jepang bakal memberikan pernyataan resminya setelah Rins menjalani pemeriksaan pada Senin (3/4/2017) mendatang.

"Setelah berkonsultasi dengan rekan-rekan, tim medis memutuskan untuk melakukan pengobatan non-bedah (fisioterapi dan magnetotherapy), dan mereka akan memeriksa perkembangan cederanya pembalap pada Senin depan di rumah sakit yang sama," lanjut pernyataan itu.

Ini sama seperti check-up untuk memastikan tentang cedera Rins, sebelum melakukan perjalanan ke Argentina," demikian pernyataan tim Suzuki. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini