Sukses

Piala Presiden 2017: Kejutan, Persegres Sikat Persipura

Liputan6.com, Sleman- Persegres Gresik United membuat kejutan besar pada penampilan keduanya di Grup A Piala Presiden 2017. Persegres mampu mengalahkan Persipura Jayapura 2-1, Kamis (9/2/2017) malam WIB.

Kekalahan ini menyulitkan Persipura untuk lolos ke babak berikutnya. Mutiara Hitam terpuruk di dasar klasemen Grup A Piala Presiden 2017 dengan poin satu. Mitra Kukar memuncaki klasemen dengan empat poin, disusul Persegres dengan tiga poin. Sedangkan posisi tiga ditempati PSS Sleman dengan dua angka.

Bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Persipura mampu menguasai jalannya pertandingan. Namun demikian Persegres mampu merepotkan Persipura dengan serangan balik cepat dimotori Fitra Ridwan. 

Persipura hampir unggul di menit 22. Tendangan mendatar Prisca Womsiwor masih bisa diamankan kiper Persegres Aji Saka.

Persegres harusnya bisa unggul di menit 27 bila saja kiper Persipura Yoo Jae Hoon tidak tampil gemilang melakukan dua penyelamatan beruntun di mulut gawang.

Jae Hoon kembali dipaksa bekerja keras di menit 40. Sepakan jarak jauh Fitra susah payah ditepis kiper asal Korea Selatan itu.

Beberapa menit sebelum jeda, pertandingan berjalan makin seru. Persipura seharusnya bisa unggul di menit 44 bila tendangan bebas Boaz Salossa tidak membentur mistar gawang.

Semenit kemudian, Persegres balas mengancam. Kali ini tembakan Fitra yang digagalkan tiang gawang.

Persegres akhirnya bisa unggul beberapa detik sebelum jeda melalui gol Jeki salah ditepis Jae Hoon sehingga bola bergulir masuk ke gawang Persipura.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Tertinggal satu gol membuat Persipura meningkatkan tempo permainan di babak kedua. Edward Wilson Junior dan Robertino Pugliara dimasukkan guna menambah daya gedor.

Keputusan ini terbukti tepat. Tiga menit setelah jeda, Persipura bisa menyamakan skor lewat gol bunuh diri kiper Persegres Aji Saka. Umpan silang Yustinus Pae salah diantisipasi oleh Aji sehingga tepisannya masuk ke gawang.

Persipura berpeluang membalikkan skor di menit 58. Aksi solo-run Boaz dengan gemilang bisa digagalkan oleh Aji.

Asyik menyerang, pertahanan Persipura lengah. Di menit 64, Persegres bisa kembali unggul. Pemain muda Arsyad Yusgiantoro memperdaya Jae Hoon usai melakukan kerjasama satu-dua dengan Gusti.

Serangan balik cepat Persegres kembali hampir menembus gawang Persipura pada menit 69. Jae Hoon terpaksa melakukan dua tepisan beruntun menggagalkan peluang Arsyad dan Rendy Saputra.

Persipura gagal menyamakan skor hingga peluit panjang ditiup setelah dua peluang lewat tendangan bebas Boaz dan Ian Louis Kabes masih melebar tipis dari gawang Persegres.