Sukses

5 Pesepak Bola Muda yang Bersinar Selama 2016

Permainan konsisten di usia muda menjadi kunci mereka tampil hebat selama 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Selama 2016, banyak pesepak bola muda tampil mengesankan. Mereka mampu mengambil hati para pelatih dengan kemampuannya dan merebut tempat di tim utama.

Performa stabil di usia belia menjadi kelebihan tersendiri. Alasan ini pula yang membuat para pelatih memercayakan posisi utama kepada para pemain muda.

Selain itu, bakat istimewa juga menjadi faktor lain yang membuat mereka cepat bersinar di lapangan. Keberanian klub maupun para pelatih memainkan pemain muda menjadi salah satu elemen munculnya talenta-talenta hebat di dunia sepak bola.

Nama mereka menjulang selama 2016 berkat kemampuan di atas lapangan hijau. Konsistensi adalah yang mereka butuhkan untuk tetap mempertahankan tempat di tim utama. Berikut daftar pemain muda yang bersinar selama 2016.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Marcus Rashford

Marcus Rashford

Pemain yang sudah bergabung dengan MU sejak usia tujuh tahun ini diberi kesempatan pertama pada Februari tahun lalu. Itu setelah Anthony Martial mengalami cedera.

Tanpa disadari, pemain 18 tahun ini sukses mengejutkan. Dia berhasil mencetak dua gol dalam laga debutnya itu di Liga Europa.

Rashford akhirnya menyelesaikan musim dengan delapan gol. Dia juga berhasil mencetak gol debut untuk Inggris saat melawan Australia di laga uji coba.

3 dari 6 halaman

Samuel Umtiti

Samuel Umtiti

Sebenarnya, Umtiti sudah bermain di papan atas selama lima musim. Namun, musim 2016 menjadi puncaknya bersama Lyon.

Bek asal Prancis ini mencapai puncak kala berhasil meraih gelar pertamanya di Euro 2016. Bahkan, pada perempat final melawan Islandia, dia dinobatkan sebagai pemain terbaik Lyon pilihan fans.

Kini, Umtiti akhirnya berganti kostum di Barcelona. Kala itu, El Barca harus mengeluarkan uang 25 juta euro untuk menebusnya dari Lyon.

4 dari 6 halaman

Gianluigi Donnarumma

Gianluigi Donnarumma

Cobalah Anda ingat, sedang apakah Anda pada usia 18 tahun dahulu? Donnarumma sendiri dengan usia itu sudah membuat kagum dunia lewat aksi lihainya di bawah mistar AC Milan.

Meskipun memulai debut di AC Milan pada 2015, Donnarumma meraih status utama tahun lalu. Dia bahkan sukses membuat debut di Italia saat laga persahabatan melawan Prancis, September tahun lalu.

Pada usia 17 tahun dan 189 hari, Donnarumma menjadi kiper termuda yang berhasil tampil di tim senior Italia. Dia aset sangat berharga milik AC Milan.

5 dari 6 halaman

Ousmane Dembele

Ousmane Dembele

Pemain 19 tahun ini telah menarik banyak perhatian di Bundesliga musim ini bersama Borussia Dortmund. Pemain asal Prancis ini sontak mengundang minat dari beberapa klub top Eropa.

Dia punya kecepatan dan kontrol yang gemilang. Cara dia menggiring bola tak diragukan lagi. Dia menjadi pemain paling penting dan banyak yang menyebut bisa merebut Ballon d'Or di masa depan.

Kini, Dembele sudah mengemas empat gol dalam 15 penampilan di Bundesliga. Kabarnya, dia bakal berganti kostum Barcelona dalam beberapa musim ke depan.

6 dari 6 halaman

Renato Sanches

Renato Sanches

Sanches bisa dibilang menjadi yang menarik pada 2016. Dia sukses meraih penghargaan Golden Boy dan mengalahkan nama-nama lain, seperti Marcus Rashford,

Penghargaan ini bisa dibilang tepat. Sebab, dia sukses memenangkan Liga Primeira Portiga, Piala Liga, dan EURO 2016. Bayern Muenchen yag tertarik bahkan harus mengeluarkan dana tak kurang 35 juta euro.

Selain itu, Sanches juga menjadi pemain termuda yang melakukan debut di EURO. Dia juga jadi pemain termuda yang memenangkan gelar di Eropa.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini