Sukses

Gol Telat Ramos Buyarkan Kemenangan Barcelona

Liputan6.com, Barcelona - Bek Real Madrid, Sergio Ramos membuyarkan kemenangan Barcelona yang sudah di depan mata. Golnya di penghujung laga membuat laga El Clasico yang berlangsung di Camp Nou Stadium, Sabtu (3/12/2016) dalam lanjutan La Liga berakhir imbang 1-1.

Los Blaugrana --sebutan Barcelona-- menekan pertahanan Madrid sejak menit pertama. Pada menit kesepuluh, Neymar melepaskan umpan lambung yang langsung disambar Sergi Roberto. Namun, usaha Sergi Roberto bisa diadang bek Madrid, Sergio Ramos.

Delapan menit kemudian, Barcelona kembali mengancam. Lionel Messi mengeksekusi tendangan bebas di depan kotak penalti Madrid. Bola yang mengarah ke pojok kiri gawang Los Blancos masih bisa ditangkap Keylor Navas.

Madrid baru bisa mengancam pertahanan Barcelona pada menit ke-24. Marcelo melepaskan umpan lambung, Ronaldo melompat tinggi. Tapi usahanya tidak bisa menemui sasaran.

Los Blancos kembali mengancam gawang Barcelona. Pada menit ke-31, Marcelo menyepak bola dengan kaki kiri dari depan kotak penalti. Sayang, akurasi sepakannya tidak menemui sasaran.

Bek Real Madrid, Marcelo mencoba merebut bola dari kaki Neymar. (REUTERS/Sergio Perez)

Kiper Barcelona, Ter Stegen melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-36. Dia menepis sepakan keras Cristiano Ronaldo dari dalam kotak penalti Los Blaugrana.

Gerard Pique hampir saja menciptakan gol bunuh diri pada menit ke-43. Bek Barcelona itu mencoba menahan umpan Karim Benzema kepada Ronaldo. Namun, bola hasil halauannya malah mengancam gawang sendiri. Untung tidak terjadi gol. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Los Blancos mengawali babak kedua dengan mengancam gawang Barcelona. Pada menit ke-51, Raphael Varane melepaskan umpan panjang yang diterima oleh Ronaldo di dalam kotak penalti. Bintang Timnas Portugal itu langsung menyepak bola. Tapi, akurasi sepakannya tidak menemui sasaran.

Dua menit berselang, gawang Madrid malah bergetar. Neymar melepaskan umpan lambung usai mengeksekusi tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Madrid. Bola berhasil disundul Luis Suarez tanpa bisa dihentikan kiper Los Blancos, Keylor Navas.

Tertinggal, Madrid menekan pertahanan Barcelona. Pada menit ke-59, Benzema menguasai bola di kotak penalti Los Blaugrana. Tapi, bola yang berada di kakinya bisa direbut bek kiri Barcelona, Jordi Alba.

Neymar punya peluang mencetak gol pada menit ke-67. Dia menyepak bola dari dalam kotak penalti setelah melewati Dani Carvajal. Sayang, akurasi sepakannya melayang di atas mistar gawang.

Semenit kemudian, Keylor Navas melakukan penyelamatan gemilang. Dia menepis tendangan jarak dekat gelandang senior Los Blaugrana, Andres Iniesta.

3 dari 3 halaman

Gol Telat Ramos

Menit ke-81, Iniesta melepaskan umpan terobosan kepada Lionel Messi. Bintang Timnas Argentina itu menyepak bola dengan kaki kirinya. Tapi, sepakan Messi masih tidak menemui sasaran.

Enam menit kemudian, Madrid hampir saja menyamakan kedudukan. Ronaldo berhasil menyundul bola hasil umpan silang Carvajal. Namun, akurasi sundulannya masih melayang di atas mistar gawang.

Pada masa injury time, Sergio Ramos mencetak gol penyeimbang. Memanfaatkan umpan lambung Luka Modric, sundulan Ramos membuat Ter Stegen tidak berkutik. Skor imbang 1-1 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Hasil ini membuat Barcelona gagal memangkas jarak dengan Madrid. Kini, Los Blaugrana berada di posisi kedua dengan mengemas 28 poin, masih tertinggal enam angka dari Los Blancos yang memuncaki klasemen La Liga.

Susunan pemain
Barcelona: Ter Stegen, Roberto, Pique, Mascherano, Alba, Rakitic, Busquets, Gomes, Messi, Suarez, Neymar.

Real Madrid: Navas, Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo, Modric, Kovacic, Vazquez, Isco, Ronaldo, Benzema.