Sukses

Mengintip Megahnya Markas Baru Timnas Filipina

Liputan6.com, Manila - Tim nasional (timnas) Filipina tidak perlu khawatir lagi untuk menggelar pertandingan internasional karena venue yang tidak memadai. Pasalnya, kini mereka memiliki kawasan olahraga besar lengkap dengan stadion bertaraf dunia.

Ya, sejak dua tahun lalu, Filipina mempunyai Philippines Sport Complex yang terletak di Bulacan. Selain stadion sepak bola, komplek ini juga terdiri dari Philippine Arena dan Philippine Sports Centre yang sedang dalam taraf pembangunan.

Letak stadion ini cukup jauh dari pusat kota. Liputan6.com yang meliput latihan dan pertandingan harus menempuh perjalanan satu jam menggunakan taksi. Bahkan, waktu tempuh bertambah menjadi dua jam jika kondisi jalan sedang macet.

Memasuki gerbang stadion, penjagaan sangat ketat. Pemeriksaan sempat berlangsung lama karena penjaga keamanan harus mengonfirmasi dulu jadwal tim yang akan bertanding.

Setelah memasuki gerbang, terdapat dua bangunan besar di dalam komplek ini. Di sebelah kiri terdapat Philippines Sports Stadium, sementara sebelah kanan Philippines Arena.

Stadion Modern

Philippines Sports Stadium merupakan stadion untuk sepak bola. Bentuk stadion ini sangat modern dengan adanya kaca-kaca besar mengelilingi stadion.

Fasilitas di dalamnya pun terbilang komplet. Selain terdapat kursi di seluruh tribune, juga ada dua layar raksasa di belakang gawang. Fasilitas untuk penyandang disabilitas yang akan memasuki stadion juga tersedia.

Ruang untuk jurnalis dan konferensi pers juga terbilang lega. Sayangnya, di beberapa bagian masih ada ac yang bocor dan lubang listrik yang tidak berfungsi.

Menariknya, ukuran Philippines Sports Stadium jauh lebih kecil dari Philippines Arena. Ya, untuk sepak bola hanya berkapasitas 20 ribu kursi, sementara untuk Philippines Arena berkapasitas 55 ribu kursi.

Taman-taman yang berada di komplek stadion juga terawat dengan baik. Sejumlah petugas terlihat menyirami dan memotong tanaman agar keindahan terus terjaga.

Keamanan Ketat

Sayangnya, saat Liputan6.com mencoba untuk memasuki Philippines Arena, pihak keamanan tidak memberikan izin. Kami juga dilarang mengambil gambar terlalu dekat ke pintu masuk Philippines Arena.

Sementara Philippines Sports Centre masih dalam tahap pembangunan. Alat berat dan truk pengantar material silih berganti masuk ke dalam venue tersebut.

Namun, yang masih menjadi ganjalan adalah kemudahan akses ke stadion dan keberadaan fasilitas pendukung seperti restoran dan hotel. Beberapa taksi sempat menolak mengantarkan ke stadion ini karena jaraknya yang cukup jauh.

Saat pulang, Liputan6.com juga kembali diperiksa pihak keamanan sebelum akhirnya dibukakan gerbang. Ketatnya keamanan karena komplek olahraga ini dimiliki oleh swasta, yakni sebuah organisasi keagamaan ternama, Iglesia ni Cristo.