Sukses

Tolak Jabat Tangan Pelatih, Timnas Italia Tendang Pelle

Liputan6.com, Jakarta - Graziano Pelle dicoret dari skuat Timnas Italia yang tengah berjuang di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 karena menolak menjabat tangan sang pelatih, Giampiero Ventura.

Pelle merupakan pemain inti Italia saat bermain imbang 1-1 melawan Spanyol di Juventus Stadium, Kamis (6/8/2016) dini hari WIB. Namun, dia hanya bermain 60 menit.

Ventura memilih untuk menggantikan Pelle dengan Ciro Immobile. Ketika ke luar lapangan, mantan striker Southampton itu tidak mau bersalaman dengan Ventura yang sudah mengulurkan tangannya.

Sikap tercela Pelle membuat Federasi Sepak Bola Italia, FIGC meradang. Alhasil, striker berusia 31 tahun itu pun didepak dengan alasan tidak menghormati sang pelatih.

"Jika menjadi bagian dari tim nasional, Anda harus menunjukkan rasa hormat kepada staff, rekan setim, dan para fans," bunyi pernyataan resmi FIGC.

"Pelatih kepada dan FIGC sudah memutuskan untuk mencoret Graziano Pelle karena perilaku tidak sopan. Semua pemain harus mengerti nilai dan menjaga sikap saat berkostum timnas," tegas penyataan tersebut.

Sementara itu, Ventura mengatakan bahwa kasus Pelle harus menjadi pembelajaran bagi semua pemain Italia.  Saat ini, Pelle sudah kembali ke klubya asal Tiongkok, Shandong Luneng.

"Saya tidak berpikir Pelle marah dengan pergantian itu. Mungkin dia kecewa dengan penampilannya sendiri. Saya sering melihat hal seperti ini, tapi ketika Anda menggunakan kostum timnas, Anda harus berhati-hati," ucapnya.