Sukses

5 Pemain yang Merevolusi Sepak Bola

Liputan6.com, Jakarta - David Beckham pantas disebut sebagai salah satu pemain yang merevolusi sepak bola. Eks bintang Manchester United (MU) itu turut berkontribusi membuat sepak bola menjadi lebih populer.

Beckham adalah salah satu pionir yang membuat para pemain sepak bola setenar selebritas dunia. Lewat sejumlah iklan yang dibintanginya, Beckham membawa sepak bola semakin populer.

Ia pun juga menjadi salah satu pemain yang paling populer di dunia. Banyak orang mengidolakan pemain yang pensiun di Los Angeles Galaxy (LA Galaxy) tersebut.

Bukan cuma Beckham, masih ada pemain lain yang boleh dibilang merevolusi image sepak bola, baik secara taktik dan sisi lain sepak bola.

Selain nama-nama di bawah ini, tentu masih ada nama pemain lain yang juga berkontribusi besar pada sepak bola. Namun kontribusi kelima pemain ini pada sepak bola juga tak kalah besar.

Melansir The Sportster, berikut lima pemain yang merevolusi sepak bola.

2 dari 6 halaman

Antonin Panenka

Siapa yang masih ingat tendangan cungkil yang dipraktikkan Zinedine Zidane di Final Piala Dunia 2006? Ya, Antonin Panenka adalah orang pertama yang mempraktikkan tendangan ini.

Jangan heran jika tendangan penalti ini disebut tendangan Panenka.

Antonin Panenka adalah pemain asal Ceko yang tenar di tahun 70-an. Penalti tersebut ia praktikkan di Final Piala Eropa 1976 melawan Jerman Barat. Lewat penalti itu, ia membawa Ceko juara.

Sejak saat itu, banyak orang mencoba meniru tendangan Panenka. Terlihat mudah, tapi sesungguhnya butuh keberanian dan teknik tinggi untuk mempraktikkannya. Terbukti, seorang Andrea Pirlo pun pernah gagal ketika mencoba tendangan ini di beberapa kesempatan.

3 dari 6 halaman

Ronaldinho

Lewat skill olah bola mumpuni, Ronaldinho turut membuat banyak orang menonton sepak bola. Tengok saja video gocekan Ronaldinho di Youtube yang sudah ditonton banyak orang.

Publik memang kerap dibuat terperangah oleh skill Ronaldinho ketika mengelabui lawan.

Sejak masih berkostum Paris Saint Germain (PSG), Ronaldinho memang sudah memiliki aura bintang. Itu pula yang membuat Barcelona akhirnya mendatangkan pemain asal Brasil tersebut.

Kepercayaan Barcelona itu dibayar lunas oleh Ronaldinho. Gocekan bolanya turut mempersembahkan berbagai gelar antara lain juara Liga Champions di musim 2006.

4 dari 6 halaman

Franz Beckenbauer

Franz Beckenbauer adalah seorang legenda. Bukan cuma karena telah memenangkan Piala Dunia sebagai kapten dan manajer, Beckenbauer jadi legenda karena telah merevolusi peran bek di sepak bola.

Beckenbauer adalah orang yang turut memperkenalkan posisi sweeper di sepak bola. Sweeper sebetulnya adalah seorang bek hanya saja ia berdiri sedikit lebih ke belakang dari posisi bek biasa.

Dari posisi ini, Beckenbauer tak hanya mampu membaca permainan lawan dengan baik. Ia juga mampu melepaskan umpan-umpan matang plus menghalau serangan pemain lawan.

Meski kini jarang ada bek yang berposisi sebagai sweeper, apa yang pernah dilakukan Beckenbauer tetap masuk dalam buku sejarah.

5 dari 6 halaman

David Beckham

Revolusi sepak bola yang dibawa Beckham lebih kepada sisi di luar lapangan. Becks -sapaan akrab Beckham- adalah pionir yang membuat sepak bola bukan cuma sekadar olahraga.

Jauh sebelum Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi jadi bintang iklan banyak produk, Becks telah lebih dulu melakukannya. Wajah rupawan dan aura bintang membuat Beckham memang laris diburu berbagai produk yang ingin menjadikannya bintang iklan.

Selain itu, perkawinannya dengan mantan personel Spice Girls, Victoria Adams, turut melambungkan nama Beckham. Ia bukan cuma bintang sepak bola melainkan selebritas dunia.

Berkat Beckham pula, para pemain sepak bola kini bisa "nyambi" jadi bintang iklan dan mendapat popularitas yang mungkin setara dengan bintang Hollywood.

6 dari 6 halaman

Johan Cruyff

Barcelona berutang banyak pada Johan Cruyff. Pasalnya, Cruyff adalah orang yang memperkenalkan taktik tiki-taka pada Barca. Taktik itu dijadikan landasan Pep Guardiola, yang merupakan murid Cruyff, untuk membawa Barca sukses.

Selain itu, Cruyff turut berjasa membentuk akademi Barca, La Masia, yang melahirkan banyak bintang. Lionel Messi adalah salah satunya.

Bukan cuma soal taktik dan akademi, Cruyff juga memperkenalkan kemampuan mengelabui lawan yang dikenal dengan sebutan Cruyff Turn. Gerakan ini memperdaya lawan dengan cara memutar badan ke arah berlawanan dari arah yang semula dituju.

Cruyff meninggal 24 Maret 2016 lalu. Kepergiannya ditangisi banyak pihak terutama oleh para muridnya seperti Xavi Hernandez, Pep Guardiola, dan Andres Iniesta.