Sukses

Perbandingan Prestasi Mourinho, Van Gaal dan Moyes di Awal Musim

Mourinho menyumbang sembilan poin dari lima laga awal MU di musim 2016/2017.

Liputan6.com, Manchester- Sejak Sir  Alex Ferguson pensiun tahun 2013, Manchester United terpuruk. Mereka belum mampu menjuarai Liga Inggris lagi. Padahal MU sudah mengganti manajer tiga kali. Mulai Davis Moyes, Louis van Gaal dan kini Jose Mourinho.

Praktis hanya satu trofi saja yang mampu didapat MU usai pensiunnya Ferguson yakni Piala FA di musim 2015/2016. Gelar tersebut diraih di era kepelatihan Van Gaal.

Kini fans MU menaruh harapan besar pada Mourinho untuk bisa mengembalikan Setan Merah sebagai tim langganan juara Liga Inggris. Melihat rekam jejak Mourinho, fans MU dapat optimistis. Mourinho selalu mampu membawa tim asuhannya menjadi juara liga.

Selain itu Mourinho juga telah menghabiskan anggaran belanja hampir 200 juta euro. Eks pelatih Inter Milan itu membeli empat pemain bintang yakni Zlatan Ibrahimovic, Eric Bailly, Henrikh Mkhitaryan dan Paul Pogba.

Demi memenuhi ambisi Mouriho membangun tim tangguh, MU rela memecahkan rekor transfer termahal di dunia saat membeli Pogba dari Juventus. Pogba ditebus senilai 105 juta euro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Meyakinkan

Sayangnya di awal karier bersama MU, mantan arsitek Real Madrid dan Chelsea itu masih belum cukup meyakinkan. The Red Devils menelan tiga kekalahan beruntun.

MU kalah 1-2 dari rival sekota Manchester City di Liga Inggris. Kemudian mereka ditekuk Feyenoord Rotterdam 0-1 di Liga Europa. Yang terbaru MU dibantai Watford 1-3 saat berduel di Liga Inggris akhir pekan kemarin.

Tiga kekalahan beruntun ini mulai membuat cemas fans MU. Pasalnya prestasi Mourinho di awal musim ternyata jauh lebih buruk dibanding Van Gaal. Musim lalu, Van Gaal mampu menyumbang 10 poin dari lima laga awal di Liga Inggris, sedangkan Mourinho hanya sembilan poin.

3 dari 3 halaman

Mourinho Lebih Baik

Namun bila berkaca pada pencapaian di musim debut, Mourinho sebenarnya jauh lebih baik dibanding Van Gaal maupun Moyes. Ketiganya kebetulan sama-sama harus merasakan dua kekalahan di lima laga awal bersama MU di arena Liga Inggris.

Tapi bila berbicara mengenai jumlah poin yang didapat di lima laga awal di Liga Inggris, Mourinho jadh lebih baik ketimbang dua pendahulunya itu. Pada musim debut, Van Gaal yang paling buruk prestasinya di lima laga awal.

Pria Belanda itu hanya memberikan lima poin. MU ketika itu menelan kekalahan dari West Bromwich Albion dan Everton. Sementara Moyes menyumbangkan tujuh angka dengan dua kali kekalahan dari Sunderland dan Everton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini