Sukses

Pantau Latihan Wushu PON, Ini Harapan IGK Manila

Lindswell akan ikut terjun di PON XIX yang digelar di Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung- Semua kontingen wushu PON Jawa Barat 2016 melakukan sesi latihan di GOR Padjajaran, Bandung, Sabtu (17/9/2016). Latihan itu sendiri dipantau IGK Manila yang notabene Bapak Wushu Indonesia.

Cabang wushu PON Jabar 2016 baru akan dipertandingkan pada Minggu (18/9/2016). Karenanya, sehari sebelum bertanding, semua kontingen memanfaatkan waktu untuk melakoni sesi latihan sekaligus uji coba lapangan.

Wushu sendiri merupakan salah satu cabang yang mulai popular dalam beberapa tahun terakhir. Wushu semakin menjadi primadona setelah Lindswell Kwok, atlet Indonesia, sukses mengharumkan Tanah Air ditingkat internasional.

"Setelah digelar di berbagai pulau, PON akhirnya kembali digelar di Tanah Jawa. Jabar sebagai tuan rumah tentu ingin melakukan yang terbaik. Meski hanya setingkat PON, ini tetap menjadi ajang prestasi tertinggi di Indonesia," kata Manila kepada Liputan6.com.

Seperti diketahui, wushu mulai masuk sebagai salah satu cabang di ajang PON sejak PON Jawa Timur 2000. Kini, daerah yang menjadI barometer wushu Indonesia adalah Sumatera Utara.

Kebetulan, Lindswell juga tercatat sebagai atlet Sumut. Karenanya, Manila yang juga purnawirawan TNI ini berharap agar ajang PON bisa menjadi wadah untuk membuat prestasi wushu Indonesia merata ke berbagai daerah.

"PON ini kan ajang yang membawa nama besar daerah masing-masing. Meski levelnya sudah internasional, Lindswell pun berhak ikut bersaing di PON Jabar 2016," tutur Manila.

"Selain itu, PON Jabar 2016 juga menjadi ajang pembuktian Lindswell apakah ia bisa mempertahankan levelnya atau tidak. Semoga saja PON kali ini juga melahirkan Lindswell-Lindswell lainnya. Tentu, harapan ke depannya adalah menghasilkan prestasi di Asian Games 2018."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.