Sukses

Emas Terakhir Bikin Phelps Menangis

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Michael Phelps sukses menutup kariernya sebagai perenang dengan sempurna. Ia mempersembahkan medali emas dalam nomor 4x100 meter gaya kupu-kupu estafet di Olimpiade 2016.

Sebelum perlombaan dimulai, Phelps memang telah berikrar tidak akan lagi melanjutkan karier sebagai perenang. Ia merasa telah cukup terjun dalam lima kali Olimpiade selama ini.

Total perenang Amerika Serikat (AS) itu telah menyumbangkan 23 medali emas bagi negaranya. Termasuk lima medali emas yang disumbangkannya dalam Olimpiade di Brasil kali ini.

"Saya berjalan ke kolam malam ini, melakukan pemanasan terakhir, memakai baju renang terakhir, dan tampil di depan ribuan orang untuk membela AS rasanya ingin menangis. Namun cara inilah yang memang saya inginkan untuk mengakhiri karier saya," ujar Phelps seperti dilansir Reuters.

"Kami menang dengan cara yang hebat. Sungguh kebanggaan bisa berlomba bersama tiga perenang hebat malam ini, Ryan Murphy, Cody Miller, dan Nathan Adrian," katanya menambahkan.

Di sisi lain Phelps mengaku sudah siap mundur dari renang yang telah membesarkan namanya selama ini. "Karier renang saya mungkin sudah usai, tetapi ini adalah awal baru untuk petualangan saya. Saatnya membuka lembaran baru," ujarnya.

Loading