Sukses

Fakta Ini Bikin Rossi Kaget di MotoGP 2016

Rossi terkaget-kaget dengan beberapa fakta yang terjadi di MotoGP musim ini.

Liputan6.com, Jakarta Ada fakta yang membuat Valentino Rossi kaget jalani sembilan putaran MotoGP 2016. Dia mengaku tak menyangka jika efek perubahan regulasi MotoGP 2016 ternyata kecil.

Padahal, awalnya Rossi dan juga banyak pembalap MotoGP lainnya yang menyangka jika perubahan regulasi ini bisa berdampak banyak terhadap lomba. Ada dua perubahan regulasi di MotoGP musim ini.

Pertama yaitu bergantinya ban dari Bridgestone ke Michelin. Sedangkan yang lainnya yaitu penggunaan peranti elektronik ECU merek tunggal dari Magneti Marelli.

Ban Michelin memang masih banyak dikeluhkan pembalap karena menyebabkan banyaknya terjadi insiden. Meski demikian, Rossi menilai penggunaan Michelin tidak mengubah setelan motor  Yamaha M1.

"Saat mengetes ban Michelin tahun lalu kami khawatir karena kami begitu pelan. Tapi ban Michelin banyak berkembang utamanya dengan ban depan . Kami pada dasarnya gunakan setelan motor yang sama kala pakai Bridgestone," ujarnya seperti dikutip Autosport.

Sedangkan untuk ECU, Rossi menilai perubahannya juga sedikit. Meski ini juga memberi dampak kepada performa motor.

"Ini revolusi besar di peranti elektronik, sebuah kemunduran, tapi masih setengah mundur," ujar The Doctor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini