Sukses

Valentino Rossi Siap Hapus Kutukan MotoGP Jerman

Dari 20 kali balapan, baru enam kali Rossi meraih podium juara seri di Jerman.

Liputan6.com, Sachsenring- MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring kurang bersahabat dengan pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, dalam enam musim terakhir. Tak mau catatan buruk itu berlanjut, The Doctor pun siap menghapus kutukan tersebut ketika beraksi di akhir pekan ini.

Sachsenring adalah sirkuit dengan panjang 3,7 km yang sudah menjadi lintasan MotoGP Jerman sejak 1998. Sirkuit ini menyediakan total 14 tikungan. Sebelumnya Sachsenring, sirkuit yang digunakan pada MotoGP Jerman adalah Nurnburging.

Bagi pembalap sekaliber Rossi, MotoGP Jerman menjadi salah satu seri yang sulit ditaklukkan. Sepanjang 20 tahun kariernya di kelas Grand Prix, hanya enam kali Rossi mampu merebut podium juara di Jerman. Terakhir kali Rossi merajai MotoGP Jerman adalah musim 2009.

Kala itu, ia memenangkan persaingan sengit dengan rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Podium juara direbut Rossi hanya dengan keunggulan 0,099 detik atas Lorenzo. Setelah itu, Rossi tak pernah mampu merebut podium juara. Bahkan, pencapaian terbaik Rossi di Jerman sejak itu hanya meraih predikat runner up.

Sukses pada MotoGP Jerez adalah kemenangan perdana pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, di musim 2016. (CRISTINA QUICLER / AFP)

Itu mengapa Sirkuit Sachsenring seakan memiliki kutukan tersendiri bagi Rossi. Tak hanya itu, bisa dibilang Sirkuit Sachsenring kini lebih bersahabat dengan para pembalap Spanyol. Buktinya, pembalap Spanyol yang mampu merebut podium juara MotoGP Jerman di enam musim terakhir.

"Di Sirkuit Sachsenring, kami harus bekerja dengan baik seperti yang kami lakukan di semua akhir pekan musim ini. Kami cepat, saya pun mulai nyaman dengan YZR-M1 dan ban Michelin. Saya menyukai trek ini dan saya akan melakukan yang terbaik di akhir pekan nanti," kata Rossi seperti dilansir Crash.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dominasi Pembalap Spanyol

Rincian rapor Rossi di Sachsenring sejak 2009 adalah posisi keempat pada 2010, posisi kesembilan 2011, posisi keenam 2012, podium ketiga 2013, posisi keempat 2014, dan podium ketiga 2015. Terlihat jelas Rossi seperti memiliki kesialan saat melakoni balapan di sana.

Setelah Rossi meraih podium juara MotoGP Jerman 2009, Dani Pedrosa sempat menjadi penguasa Sirkuit Sachsenring selama tiga musim. Prestasi itu diukir Pedrosa di musim 2010, 2011, dan 2012. Sejak 2013, dominasi di Sirkuit Sachsenring berpindah ke tangan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Tentu saja, penting bagi Rossi segera menghentikan dominasi para pembalap Spanyol di Sachsenring. Pasalnya, ia butuh raihan poin penuh untuk memangkas jarak yang melebar dengan Lorenzo dan Marquez di klasemen pembalap. Akibat terjatuh di Assen, Rossi tertinggal 18 poin dari Lorenzo dan 42 poin dari Marquez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.