Sukses

Legenda Timnas Belanda Resmi Tangani Everton

Pengumuman sempat tertunda menunggu Ronald Koeman kembali dari liburan.

Liputan6.com, Jakarta - Everton akhirnya mengumumkan pelatih barunya. Setelah mendepak Roberto Martinez jelang berakhirnya musim 2015/16, The Toffees telah remsi menunjuk Ronald Koeman sebagai gantinya.

Seperti dilansir BBC, mantan pemain timnas Belanda itu dikontrak selama tiga tahun. Everton menebus mantan pemain timnas Belanda itu dari Southampton dengan kompensasi sebesar 5 juta euro.

 

Baca Juga

  • Wenger Terlibat Keributan dengan Koeman
  • Demi Latih MU, Mourinho Tolak Tawaran Everton
  • Koeman: Old Trafford Bukan Tempat Angker Lagi

Ronald Koeman sangat antusias menyambut perpindahan tersebut. Sebab menurutnya, Everton merupakan tim yang penuh dengan nilai historis dan ambisi. Sementara pemimpin The Toffees, Bill Kenwright, menyebut pria asal Belanda tersebut sebagai target utama mereka selama ini.

"Ronald (Koeman) punya rekam jejak yang kuat di permainan ini, dan sangat dihormati dari apa yang telah dicapai sebagai pemain dan kualitasnya sebagai manajer," ujar Kenwright.

Kesepakatan dengan Koeman sebenarnya sudah dicapai sejak awal pekan ini. Pemilik baru Everton, Farhad Moshiri kabarnya turun tangan dan menyediakan dana £6m per tahun bagi Koeman. Meski demikian, pengumuman resmi masih ditahan hingga eks pemain Barcelona itu pulang dari liburan.

"Kami benar-benar senang mengamankan orang yang menjadi incaran pertama kami sejak pertama kali mengumumkan perburuan pelatih baru," beber Kenwright.

Koeman memang bukan wajah baru di pentas sepak bola dunia. Sejak masih aktif sebagai pemain, Koeman sudah populer. Sejumlah klub elite, mulai Ajax Amsterdam hingga Barcelona pernah dibelanya. Koeman juga merupakan generasi emas timnas Belanda bersama Marco Van Basten dan Ruud Gullit. Pria yang saat ini berusia 53 tahun itu dikenal punya tendangan geledek mematikan.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini