Sukses

Profil Bhayangkara Surabaya United, Buaya dengan Nama Baru

Liputan6.com, Surabaya - Bhayangkara Surabaya United (BSU) diprediksi bakal menjadi kekuatan baru dalam peta persaingan klub elite Indonesia di ajang Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Evan Dimas menjadi salah satu alasan bahwa tim ini bakal merepotkan persaingan di papan atas klasemen.

Setelah resmi menyandang nama baru, BSU langsung sibuk mempersiapkan timnya, termasuk memanggil beberapa pemain seleksi. Sebelum mengumumkan keikutsertaannya pada TSC 2016 ini, Bhayangkara Surabaya United terlebih dahulu menempuh proses proses merger. CEO Surabaya United Gede Widiade bersedia menggabungkan timnya dengan PS Polri, kontestan Piala Bhayangkara 2016. 

Gede mengaku sulit menolak tawaran yang datang dari Mabes Polri hingga akhirnya finalisasi merger itu terjadi pada 12 April 2016. Langkah pertama yang perlu dilakukan BSU bersama pelatih mereka Ibnu Grahan tinggal mengumpulkan pemain yang tercerai berai ke beberapa klub serta menambah amunisi pemain asing.

Pada Piala Bhayangkara lalu, Gede bersedia meminjamkan 12 pemainnya ke klub lain. Selain itu, gelandang serang berbakat BSU Evan Dimas lebih dulu meninggalkan tim untuk belatih bersama sebuah tim Spanyol.

Evan baru akan kembali bergabung dengan tim berjuluk Alligator itu pada Mei mendatang karena masa trial di klub Espanyol B selesai. Bila ditotal, 23 pemain BSU telah dikontrak untuk Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. "Totalnya sebetulnya kami punya 28, termasuk yang seleksi. Berarti nanti ada pengurangan," tutur manajer operasional Rahmad Sumanjaya kepada Liputan6.com, pada Jumat (22/4/2016) petang.

2 dari 2 halaman

2

Bhayangkara Surabaya United akan melakoni partai perdana di Torabika Soccer Championship, presented by IM3 Ooredo melawan Barito Putera pada Sabtu, 30 April 2016 pukul 21.00 WIB.

Sebelum bertandang ke Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mereka sudah menjajal beberapa kali ujicoba maupun turnamen mini, seperti bentrokan dengan Perseru Serui, Gresik United, PON Sumsel, PON Jatim hingga hadir di turnamen segitiga Ciamis.

Saat melawan Perseru Serui pada 16 April 2016, mereka turut menurunkan pemain asing hasil seleksi Jason Ryan Quitugua. Sayang, BSU hanya mampu imbang 0-0. Setelah itu, kapten timnas Guam tersebut didepak tim.

Kini, striker Brasil Patrick da Silva tengah diseleksi BSU usai gagal mendapatkan kontrak dari Persija Jakarta. Pelatih Persija Paulo Camargo rupanya belum puas pada performa pemain ini saat turun di ajang Trofeo Persija 2016.

BSU juga baru kedatangan dua pemain trial yakni Zakehi Franck Bodjo asal Denmark dan Abdelkbir Khairallah dari Maroko. Patut ditunggu kehadiran seorang pemain Asia yang akan dipanggil BSU agar kuota pemain asing mereka terpenuhi.

Tim besutan pelatih Ibnu Grahan tersebut juga dipastikan akan turun dengan banyak pemain mudanya. Sebut saja Zulfiandi, Putu Gede Juni Antara, Ilham Udin Armaiyn, M. Fatchu Rochman, Hargianto hingga Fitra Ridwan.

Profil Klub
Nama Klub: Bhayangkara Surabaya United
Markas: Stadion Delta Sidoarjo
Pemain Kunci: Evan Dimas Darmono
Pelatih: Ibnu Grahan
Pemilik: Gede Widiade

Loading