Sukses

Beckenbauer Tersandung Kasus Suap Piala Dunia 2006

Sebelumnya FIFA telah menjatuhkan hukuman kepada Michel Platini atas kasus transaksi ilegal.

Liputan6.com, Zurich - FIFA tengah menyelidiki legenda timnas Jerman, Franz Beckenbauer. Mantan pelatih Bayern Muenchen itu diduga terlibat suap dalam meloloskan Jerman sebagai tuan rumah Piala Dunia 2006.

Seperti dilansir The Sun, selain Beckenbauer, Komite Etik FIFA juga tengah menyelidiki lima lainnya, yakni Wolfgang Niersbach, Helmut Sandrock, Theo Zwanziger, Horst Schmidt, dan Stefan Hans.

 

Baca Juga

  • Diskors 8 Tahun, Blatter Ikuti 'Jurus' Platini
  • Platini Resmi Banding Sanksi FIFA ke CAS
  • Del Bosque Kecewa Diego Costa Diperlakukan Buruk di Inggris



"Soal Mr Beckenbauer, DrZwanziger, Mr Schmidt, dan Mr Hans, badan investigasi akan menyelidiki dugaan pembayaran dan kontrak tidak wajar yang menguntungkan saat seleksi tuan rumah Piala Dunia 2006 dan pendanaan terkait," ujar badan investigasi Komite Etik FIFA di Zurich, Swiss.  

Awal bulan ini, Beckenbauer membantah telah melakukan kesalahan terkait proses seleksi tuan rumah Piala Dunia 2006. Mantan kapten Tim Panser tersebut mengaku tidak punya kaitan apapun mengenai pembayaran jutaan USD kepada mantan penjabat FIFA yang memalukan di Qatar.

Sebelumnya legenda hidup timnas Prancis, Michel Platini, juga telah lebih dulu tersandung kasus yang sama. Mantan presiden UEFA itu bahkan telah divonis 8 tahun oleh komite etik FIFA terkait transaksi ilegal yang diterima dari mantan Presiden FIFA, Sepp Blatter pada 1999-2002.

Komite Banding FIFA menguranginya menjadi larangan beraktivitas di dunia sepak bola selama enam tahun. Namun Platini tidak puas dan memilih jalur arbitrase olahraga internasional (CAS).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini