Sukses

Persib vs PBFC: Incar Kemenangan Pertama

Dua tim elit Indonesia akan bertemu di penyisihan Grup A Piala Bhayangkara 2016, yakni Persib Bandung berhadapan dengan PBFC.

Liputan6.com, Bandung - Dua tim elite Indonesia akan bertemu di penyisihan Grup A Piala Bhayangkara 2016, yakni Persib Bandung berhadapan dengan Pusamania Borneo FC (PBFC) di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung, Minggu (20/3/2016) pukul 20.00 WIB nanti. Tensi di luar lapangan akan mengiringi bentrokan kedua tim seperti turnamen sebelumnya.

Baca Juga

  • Pede, Iwan Setiawan Simpan Pemain Inti Lawan Persib
  • Ikut Kualifikasi, Rio Haryanto Langsung KO
  • Rivalitas Panjang Barcelona Vs Atletico Madrid Berlanjut Lagi

Figur direktur teknik PBFC Iwan Setiawan kerap membuat gerah kubu Persib, yang kini dilatih Dejan Antonic. Pada jumpa pers pasca pertandingan melawan Sriwijaya FC, Jumat (18/3/2016) lalu, Iwan menyebut skuat Maung Bandung sekarang tak lebih baik dari besutan Djajang Nurdjaman terdahulu.

Persib saat ini berada di posisi kedua klasemen usai bermain imbang 1-1 dengan Mitra Kukar, Kamis 17 Maret lalu. Sedangkan Iwan malah sesumbar bakal menyimpan beberapa pemain penting. Padahal Pesut Etam kalah 1-3 dari Sriwijaya.

"Menurut saya, Persib tim yang bisa dikalahkan. Bukan tim yang bagus kalau melihat di pertandingan pertama mereka," ujar Iwan.

Persib tak tampil dengan kekuatan penuh karena absennya tiga pilar mereka. Bila Agung Pribadi terkena kartu merah di laga perdana, Rahmad Hidayat dan Hermawan tengah dibekap cedera.

"Hermawan cedera di bagian telapak dan punggung kaki sebelah kiri, mungkin terinjak. Rachmad cedera lutut masih dalam pemulihan. Ini masih dalam pemeriksaan penunjang, jadi ga tau nih berapa lama untuk Hermawan," tutur Dokter Tim Persib, Raffi Ghani.

Namun bek anyar Rudolof Yanto Basna yang dikabarkan mengalami masalah otot, sudah siap diturunkan dalam laga nanti. Inilah debut eks-Mitra Kukar tersebut bersama tim.

"Memang dari awal datang langsung minta taping, tapi gak apa-apa dari segi kesehatan siap. Selain yang disebut semuanya siap," ucapnya, menutup.

Pada bentrokan kali ini, tuan rumah juga kehilangan Dejan Antonic karena sang pelatih meminta izin mengurus istrinya, Venna Tikoalu Antonic yang sakit keras di Hong Kong. Oleh karena ini, Darko Vergec dan Herrie Setiawan, yang berstatus asisten pelatih, menggantikan peran mantan gelandang Red Star Belgrade tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Head to Head

Dua tim ini sudah empat kali bertemu sejak PBFC promosi ke ISL pada 2015. Pada 27 November 2015 lalu, keduanya bertemu pada babak penyisihan grup turnamen Piala Jenderal Sudirman (PJS) dan PBFC menang 2-0. Pesut Etam pun mengukuhkan posisinya di ranking kedua Grup C turnamen.

Menurut asisten pelatih Persib Herrie Setiawan, meski PBFC mengalami kekalahan saat bertanding melawan Sriwijaya FC, hal tersebut bukanlah patokan. Dirinya menganggap PBFC sebagai tim besar yang sarat pengalaman, terlebih baru menjuarai turnamen Piala Gubernur Kaltim.

"Semuanya pun tetap ya dalam sepak bola gak bisa kita tebak begitu saja, ya memang kemarin mereka (PBFC) main begitu tapi nanti berbeda dan sekarang kita tetap akan bermain fokus dan bermain maksimal," tutur Herrie Setiawan.

Disinggung soal psywar yang dilancarkan direktur teknik PBFC, Iwan Setiawan, Herrie menegaskan jika hal tersebut tidak akan mengganggu konsentrasi para pemain.

"Pemain nggak terpengaruh ya dengan psywar itu karena pemain juga sudah tahu ya siapa coach Iwan itu," bebernya.

Berikut catatan pertemuan kedua tim.

Head to Head Persib vs Pusamania Borneo

27/11/15 Persib 0 – 2 Pusamania Borneo
26/09/15 Persib 2 – 1 Pusamania Borneo
20/09/15 Pusamania Borneo 3 – 2 Persib
06/01/15 Persib 3 – 0 Pusamania Borneo

Lima Pertandingan Terakhir Persib

17/03/16 Persib 1 - 1 Mitra Kukar
21/02/16 Bali United 1 – 1 Persib
18/02/16 Persib 4 – 2  PSS Sleman
27/11/15 Persib 0 – 2 Pusamania Borneo
30/11/15 Persib 0 – 2 PS TNI

Lima Pertandingan Terakhir PBFC

18/03/16 PBFC 1-3 Sriwijaya FC
06/03/16 PBFC 1-0 Madura United
27/02/16 PBFC 0 – 0 Persela
01/03/16 Arema 0 – 1 PBFC
22/12/15 Arema 2 – 2 PBFC

Prediksi susunan pemain

Persib Bandung (4-3-3) : I Made W (GK) , Dias Angga, Vladimir, Yanto Basna, Tony S, Hariyono, Kim Jefri, Tantan, Juan Carlos, Atep, Samsul Arif.

PBFC ( 4-2-3-1) : Galih (GK), Diego Michels, Hisyam, L Tupamahu, Fathur Rachman, Boscheti, Ponaryo, Terens, Sultan Samma, Pepito.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.