Sukses

Pangkalpinang Ingin Tiru Qatar Lewat Kejuaraan Dunia Motocross

Setelah MotoGP dan F1, pecinta olahraga otomotif Indonesia juga bakal dimanjakan dengan kejuaraan dunia motocross.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat absen cukup lama, Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) mulai 2017. Rencananya, event ini bakal digelar di Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Pengumuman disampaikan di sela-sela acara kualifikasi MXGP di Thailand, beberapa waktu lalu. Hadir dalam acara tersebut, perwakilan pihak penyelenggara, Presiden Youthstream, Giuseppe Luongo dan FIM/CMS Director Tony Skilington bersama Wali Kota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah. Hadir juga Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Judiarto didampingi penasihat keuangan Mueya Said. 

 

Baca Juga

  • Ban Pilihan Rio Haryanto untuk Debut di Australia
  • Mantan Pembalap F1 Remehkan Rio Haryanto
  • Rossi: Marquez Musuh Abadiku

Seperti dilansir automobilsport.com, pihaknya menyambut gembira kembalinya Indonesia pada event ini. Sebelumnya Indonesia sudah empat kali menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Motokros (MXGP). Terakhir adu cepat motor penggaruk tanah ini digelar di Bandung, Jawa Barat, 1997 lalu.

Dalam jumpa pers yang digelar di Thailand beberapa waktu lalu, Presiden Youthstream, Giuseppe Luongo, menyambut gembira kembalinya Indonesia pada event bergengsi ini. Luongo mengatakan, Indonesia mendapat hak unttuk menggelar acara tersebut selama tiga tahun berturut-turut.

"Kami sangat senang menyambutnya. Sebelumnya kami pernah menggelar sejumlah grand prix di sana dengan organisasi yang hebat dan penonton yang banyak. Jadi sekarang, Indonesia bakal kembali dengan penuh percaya diri ," kata Luongo seperti dilansir automobilsport.com.

Hal senada juga disampaikan oleh Wali Kota Pangkal Pinang, Muhammad Irwansyah. Dia mengaku, daerahnya juga sudah siap menyambut MXGP. "Kota Pangkal Pinang dan orang-orangnya sudah siap untuk menyambut tamu-tamu dari semua negara. Saya punya mimpi ingin menjadikan Pangkal Pinang sama baiknya dengan Qatar dan bisa lebih terkenal setelah MXGP digelar di Indonesia," katanya.

Di dunia otomotif, Qatar memang rajin menggelar event-event kelas dunia. Negeri kaya minyak tersebut punya sirkuit berkelas dunia, Losail. Selain menjadi tuan rumah MXGP, Qatar juga rutin menggelar balapan Formula 1 dan MotoGP. 

MXGP merupakan kejuaraan motocross paling bergengsi yang digagas oleh FIM. Sejak tahun 1962, kejuaraan ini dibagi ke dalam dua kelas, yakni MX1 dan MX2. Pada tahun 2004 FIM lalu memercayakan penyelenggaraannya kepada Youthstream Group. Sejak 2014, kelas premier MX1 kemudian berganti nama menjadi MXGP dan menjadi ajang yang paling bergengsi di dunia motocross.

Hadirnya MXGP kian memanjakan para pecinta olahraga otomotif Tanah Air. Sebelumnya, para penikmat dunia balapan jet darat telah disuguhi kehadiran Rio Haryanto di balapan Formula 1 2016. Pembalap asal Solo itu bergabung dengan Manor Racing dan menjadi pembalap Indonesia pertama yang tampil di F1. Selain itu, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga tengah berambisi untuk menghadirkan kembali adu kebut kuda besi MotoGP di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini