Sukses

10 Laga Piala Eropa 2016 yang Wajib Ditonton

Drawing Piala Eropa 2016 telah dilangsungkan di Paris, Sabtu (12/12/2015) waktu setempat.

Liputan6.com, Nyon: Drawing Piala Eropa 2016 telah dilangsungkan di Paris, Sabtu (12/12/2015) waktu setempat. Tuan rumah Prancis tergabung di Grup A bersama Rumania, Swiss dan Albania.

Semenyata itu, Spanyol yang merupakan juara bertahan tergabung di klub yang sangat berat. Tim besutan Vicente del Bosque itu akan menantang Republik Ceko, Turki dan Kroasia.

Grup B menjadi kelompok yang sangat menarik. Ada dua negara serumpun yang berada di Grup B, yakni Inggris dan Wales. Selain keduanya, Rusia dan Slovakia juga meramaikan persaingan di grup ini. (Lihat pembagian grup Piala Eropa selengkapnya di sini)

Baca Juga

  • Andik Vermansyah Bantu Selangor Juara Malaysia Cup
  • Intip Kemesraan Irfan Bachdim dan Istri Seksinya
  • 5 Skandal Prostitusi yang Libatkan Pesepakbola Top
  • Beda Gaya Balap Stoner dan Rossi di Mata Juara MotoGP 2006

Piala Eropa di Paris akan dimulai pada 10 Juni 2016. Turnamen empat tahunan itu akan berakhir satu bulan setelahnya, atau tepat pada 10 Juli 2016.

Di babak penyisihan grup, setidaknya ada 10 pertandingan yang tidak boleh dilewatkan. Pertandingan apa saja?

Inggris Vs Wales - 16 Juni 2016, Lens

Inggris kontra Wales merupakan pertandingan yang diibaratkan seperti perang saudara. Sebab, kedua negara itu berada dalam satu rumpun. Tidak hanya itu saja, ada dua pemain Wales yang sangat kental dengan Liga Premier Inggris, yakni Aaron Ramsey dan Gareth Bale (kini sudah bermain di La Liga bersama Real Madrid).

Wales merupakan tim yang penuh kejutan di babak kulaifikasi. Para penyerang mereka memiliki kecepatan. Bahkan, lini pertahanan Wales sulit untuk dirobohkan tim lawan.

Gareth Bale jadi andalan Timnas Wales di Euro 2016.

Jerman Vs Polandia - 16 Juni 2016, Paris

Jerman melawan Polandia juga tidak boleh dilewatkan. Sebab, letak geografis kedua negara ini sangat berdekatan. Gengsi dan harga diri dipertaruhkan dalam pertandingan ini.

Striker Polandia, Robert Lewandowski sangat populer di Liga Jerman bersama Bayern Muenchen. Sedangkan pemain kelahiran Polandia, Lukas Podolski lebih memilih membela Timnas Jerman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belgia Vs Italia - 13 Juni 2016, Lyon

Belgia Vs Italia - 13 Juni 2016, Lyon

Belgia berada di 'Grup Neraka' bersama Italia. Keduanya akan saling bertarung pada 13 Juni 2016. Partai ini akan diwarnai dengan duel-duel pemain berlabel bintang.

Belgia mempunyai Thibaut Courtois, Vincent Kompany, Marouane Fellaini, Adnan Januzaj, Romelu Lukaku hingga Kevin De Bruyne. Sedangkan Italia memiliki pemain top dunia, seperti Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Daniele De Rossi hingga Graziano Pelle.

Partai ini juga menjadi laga emosional bagi gelandang Timnas Belgia berdarah Indonesia, Radja Nainggolan. Dia adalah gelandang andalan andalan tim besar Italia, AS Roma.

Gelandang Belgia, Yannick Carrasco berusaha melewati pemain Italia, Antonio Candreva pada laga persahabatan di Stadion King Baudouin, Belgia, Sabtu (13/11/2015). (AFP Photo/John Thys)

Kroasia Vs Spanyol - 21 Juni, Bordeaux

Dua gelandang terbaik Kroasia bermain di Spanyol, yakni Ivan Rakitic (Barcelona) dan Luka Modric (Real Madrid). Mereka bakal melawan rekan-rekannya di Real Madrid dan Barcelona saat Kroasia bertemu Spanyol. Rakitic dan Modric bakal menghadapi  Andres Iniesta, Sergio Busquets, Isco, Sergio Ramos hingga Jordi Alba.

3 dari 4 halaman

Albania Vs Swiss - 11 Juni 2016, Lens

Albania Vs Swiss - 11 Juni 2016, Lens

Jika dilihat Albania kontra Swiss tentu tidak menarik. Namun bila dilihat dari sejarah antar negara sangatlah menarik dan menyita perhatian. Seperti dikutip dari Telegraph ada 250 ribu imigran Albania yang berbondong-bondong mendatangi Swiss selama Perang Kosovo.

Winger Timnas Swiss, Xherdan Shaqiri salah satu imigran dari Albania tersebut. Sejak saat itu, Albania dan Swiss seperti layaknya saudara. Meski jarak kedua negara itu tidak berdekatan.

Xherdan Shaqiri (nomor 23) merupakan salah satu imigran asal Albania.

Republik Irlandia Vs Swedia - 13 Juni 2016, Paris

Salah satu pertandingan menarik di Grup E adalah Republik Irlandia melawan Swedia. Laga ini sangat menarik karena setiap mereka bertemu, maka pertandingan bakal diwarnai banyak gol.

Dari 10 pertemuan, sudah tercipta 29 gol. Republik Irlandia mencatatkan tiga kemenangan dan mencetak 13 gol. Sedangkan Swedia menorehkan 5 kemenangan dengan raihan 16 gol. Dua laga tersisa berakhir imbang.

Swiss Vs Prancis - 19 Juni 2016, Lille

Pemenang Swiss kontra Prancis selalu sulit ditebak. Dari 37 pertemuan, Swiss telah mengantongi 12 kemenangan. Sedangkan Prancis sudah mengemas 16 pertandingan. Duel negara ini telah berakhir imbang sebanyak 9 kali.

4 dari 4 halaman

Portugal Vs Islandia - 14 Juni 2016, Saint-Etienne

Portugal Vs Islandia - 14 Juni 2016, Saint-Etienne

Debut Islandia di Euro 2016 diwarnai dengan pertandingan melawan Portugal yang diperkuat oleh pemain terhebat dunia abad ini, Cristiano Ronaldo. Patut dilihat bagaimana kemampuan Islandia melawan Portugal pada 14 Juni tahun depan.

Bintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

Irlandia Utara Vs Jerman - 21 Juni 2016, Paris

Juara Piala Dunia 2014, Jerman mendapat ujian berat saat menjamu tim asal Britania Raya, Irlandia Utara. Pertarungan ini akan berlangsung di Stade de France, Paris, 21 Juni 2016.

Turki Vs Kroasia - 12 Juni 2016, Paris

Laga ini akan menjadi partai ulang perempat final Euro 2008. Ketika itu, Turki harus menghadapi Korasia selama 120 menit sebelum memenangkan drama adu penalti untuk melangkah ke babak semifinal.

Tapi itu cerita lama. Saat ini Kroasia sudah jauh berkembang. Bahkan, Kroasia memiliki dua gelandang hebat yang bermain di dua tim besar dunia, yakni Ivan Rakitic (Barcelona) dan Luka Modric (Real Madrid).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini