Sukses

Hamilton Amankan Podium Juara Seri Pembuka F1 2015

Hamilton berhasil finis terdepan dengan mencatatkan waktu terbaik 1 jam 31,645 menit.

Liputan6.com, Melbourne - Lewis Hamilton mengawali Formula 1 musim ini dengan hasil positif. Jagoan tim Mercedes GP itu sukses merengkuh podium juara di seri pembuka F1 2015 yang berlangsung di Australia.

Dalam balapan GP Australia yang digelar di sirkuit Albert Park, Minggu (15/3) siang WIB, Hamilton yang meraih pole position terus mempertahankan posisi terdepannya dari awal hingga akhir lomba. Menggeber mobil Mercedes F1 W06 Hybrid sebanyak 58 lap, pebalap asal Inggris itu berhasil finis terdepan dengan mencatatkan waktu terbaik 1 jam 31,645 menit.

Dia unggul tipis 1,4 detik atas rekan setimnya, Nico Rosberg yang finis di posisi dua. Sedangkan podium ketiga menjadi milik pebalap tim Ferrari, Sebastian Vettel yang tercecer hingga 34,5 detik dari Hamilton. Dan melengkapi posisi lima besar diisi oleh Felipe Massa serta Felipe Nasr.

Bagi Lewis Hamilton, ini adalah kemenangannya yang perdana di GP Australia setelah terakhir kali diraih pada 2008 lalu. Raihan poin penuh ini membuat Hamilton berhak memuncaki klasemen sementara pebalap dengan mengoleksi 25 poin. Disusul Rosberg serta Vettel yang menghuni posisi dua dan tiga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalannya Balapan

Selepas start, Hamilton yang meraih pole position langsung tancap gas. Tepat di belakang pebalap tim Mercedes GP ini diisi Nico Rosberg, Felipe Massa, dan Sebastian Vettel.

Akan tetapi, baru memasuki tikungan pertama, safety car harus masuk ke lintasan menyusul kecelakaan yang menimpa Pastor Maldonado. Mobil Lotus E23 Hybrid milik Maldonado membentur tembok pembatas karena bersenggolan dengan mobil milik driver tim Sauber, Felipe Nasr.

Alhasil, Maldonado pun harus menyudahi balapan lebih awal. Ternyata, bukan hanya Maldonado yang gagal finis di seri pembuka Formula 1 musim ini. Tapi juga rekan setimnya di Lotus, Romain Grosjean. Grosjean tak mampu kembali mengikuti balapan setelah mengalami masalah pada mobilnya.

Masuk lap ke-4, safety car akhirnya meninggalkan lintasan. Hamilton masih berada di depan, disusul Massa, Rosberg dan Vettel.

Hingga lap ke-17 posisi terdepan Lewis Hamilton masih belum tergoyahkan. Bahkan, juara dunia F1 musim lalu tersebut mampu unggul 2,7 detik atas Rosberg yang berada di posisi dua, serta 12,7 detik dari Massa yang menempati peringkat ketiga.

Masuk lap ke-20 barisan terdepan mulai masuk pit-stop untuk melakukan pergantian ban. Setelah Massa dan Vettel masuk pit pada lap ke-21 dan 25, maka duo Mercedes baru mengganti ban di lap ke 26.

Hamilton yang masuk lebih dulu sempat kehilangan posisi terdepannya. Namun pada lap ke-27, pebalap 30 tahun itu kembali memimpin lomba setelah Rosberg memutuskan masuk ke pit-stop.

Pada lap ke-35 giliran Max Verstappen yang gagal menyudahi balapan. Jagoan tim Scuderia Toro Rosso terpaksa mengakhiri kiprahnya di seri pembuka F1 musim ini setelah mobil Toro Rosso STR10 miliknya mengeluarkan asap.

Kimi Raikkonen juga gagal memetik poin di balapan GP Australia tahun ini. Mengalami masalah pada mobil Ferrari SF15-T mililknya membuat Raikkonen harus kembali ke pit pada lap ke-41.

Masuk lap ke-50 Hamilton masih nyaman berada di depan. Dia mampu memimpin hingga 2,2 detik atas Rosberg yang berada di belakangnya, serta 32 detik dari Vettel yang menempati peringkat ketiga. Jika terus memepertahankan keunggulan ini, maka Hamilton akan meraih podium juara yang perdana di GP Australia setelah terakhir kali diraih pada 2008 silam.

Hingga melewati bendera kotak-kotak, Lewis Hamilton tetap berada di depan. Mantan kekasih Nicole Scherzinger tersebut mampu mengasapi Nico Rosberg dan Sebastian Vettel yang harus puas menempati podium kedua serta ketiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini