Sukses

11 Fakta Menarik Basel vs Porto

Porto tidak pernah melangkah lebih jauh dari babak 16 besar Liga Champions setelah terakhir kali terjadi pada musim 2008/09.

Liputan6.com, Basel - FC Porto akan melawat ke markas FC Basel di pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Meski belum pernah bertemu sebelumnya, namun Porto lebih diunggulkan memetik kemenangan di partai ini.

Porto berhasil menembus fase knock-out dengan status juara Grup H. Sedangkan Basel melenggang ke babak 16 besar setelah mengamankan posisi runner-up Grup B.

Porto dan Basel memang belum pernah sekalipun bertemu di kompetisi Eropa. Akan tetapi, Porto memiliki torehan bagus saat menghadapi tim asal Swiss.

Dari enam pertandingan terakhir, The Dragons sukses merengkuh tiga kemenangan, dua hasil imbang dan hanya sekali kalah atas klub Swiss. Sedangkan Basel, belum pernah sekalipun menang dari empat kali pertemuan kontra klub Portugal.

Tak heran, jika FC Porto lebih dijagokan meski di leg pertama babak 16 besar akan lebih dulu bertandang ke markas Basel di St. Jakob-Park, Kamis (18/2) dini hari WIB. Selain itu, Porto juga akan turun dengan skuat terbaiknya.

Yacine Brahimi, Jackson Martinez dan Ricardo Quaresma akan menjadi trio maut Porto di lini depan. Sementara Oliver, Casemiro dan Hector Herrara mendukung dari sektor tengah.

Namun begitu, Porto harus tetap mewaspadai Basel. Selain tampil dihadapan pendukungnya sendiri, FCB juga memiliki pemain-pemain berbahaya seperti Fabian Frei maupun Marco Streller untuk membobol gawang Porto.

Lanjut ke halaman berikut --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2.

Fakta Menarik Basel vs Porto:

1. Ini adalah pertemuan perdana antara Basel kontra FC Porto di laga kompetitif.

2. Basel untuk kedua kalinya berhasil lolos ke fase knock-out Liga Champions, setelah sebelumnya terjadi pada 2011/12. Saat itu, langkah mereka harus terhenti setelah kalah agregat 1-7 dari Bayern Muenchen di babak 16 besar.

3. Porto tidak pernah melangkah lebih jauh dari babak 16 besar Liga Champions setelah terakhir kali terjadi pada musim 2008/09. Saat lolos ke perempatfinal di musim tersebut, mereka gagal menembus semifinal usai kalah agregat 2-3 atas Manchester United.

4. Basel tidak pernah memenangkan pertandingan Liga Champions saat menghadapi tim asal Portugal (1 imbang; 3 kalah). Mereka hanya mencetak satu gol di empat pertandingan tersebut. Basel hanya kebobolan tiga gol dari tujuh laga kandang mereka di Liga Champions.

5. Porto hanya meraih satu kemenangan dari 13 pertandingan tandang di fase knock-out Liga Champions (4 imbang; 8 kalah). Satu-satunya kemenangan tersebut didapat saat menghadapi Deportivo La Coruna di semifinal musim 2003/04.

6. Porto hanya menelan satu kekalahan dari enam pertandingan melawan tim asal Swiss di Eropa (3 menang; 2 imbang). Kekalahan itu terjadi ketika tumbang 0-3 atas Grasshopper di UEFA Cup, November 1980.

Lanjut ke halaman berikutnya----->

3 dari 3 halaman

3.

7. Porto adalah salah satu dari tiga tim yang belum terkalahkan di Liga Champions musim ini, bersama Chelsea dan Real Madrid.

8. Hanya Chelsea (17 gol) yang mencetak lebih banyak gol dibandingkan Porto (16 gol; sama seperti koleksi gol milik Bayern Munich dan Real Madrid) di fase grup Liga Champions musim ini.

9. 13 gol terakhir Porto di Liga Champions musim ini tercipta pada menit ke-45 dan seterusnya.

10. Pemain pengganti Porto adalah yang paling produktif di Liga Champions musim ini. Mereka mampu mencetak lima gol setelah masuk ke lapangan.

11. Jackson Martinez mencetak empat gol di tiga pertandingan tandang musim ini. Sepakan Martinez juga tiga kali membentur mistar gawang, lebih banyak dibandingkan pemain lain.

Baca Juga:

Jadwal Liga Champions dan Liga Europa Pekan Ini

Video: Fakta Menarik Babak 16 Besar Liga Champions (3)

Scholes Ramal Tim yang Lolos ke Perempat Final Liga Champions

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.