Sukses

Tips Cerdas Gunakan Kartu Kredit biar Tak Kebobolan

Liputan6.com, Jakarta Salah satu keuntungan dalam penggunaan kartu kredit yakni dapat membantu mendapatkan hadiah dan membangun kredit. Meskipun tujuan menggunakan kartu kredit agar dapat memanfaatkan keuntungan yang didapat, Anda tentu tidak ingin mengeluarkan uang terlalu banyak dan berakhir dengan membawa saldo.

Jika kesulitan untuk mematuhi batas pengeluaran wajar dan mendapat tagihan terlalu banyak pada kartu kredit, Anda perlu membuat beberapa perubahan.

Dilansir dari laman The ascent, berikut adalah 5 tips yang dapat membantu mengendalikan pengeluaran sehingga Anda dapat tetap menggunakan kartu dengan cara yang bertanggung jawab. 

1. Gunakan satu kartu kredit saja

Jika ingin mencoba memaksimalkan hadiah kredit, menggunakan banyak kartu sering kali merupakan ide yang bagus. 

Tetapi jika Anda kesulitan untuk mengendalikan pengeluaran kartu kredit, menggunakan banyak kartu hanya akan membuat segalanya lebih sulit. 

Pertimbangkan untuk menggunakan hanya satu kartu tujuan umum. Anda dapat tetap menggunakan salah satu yang menawarkan nilai uang kembali atau poin terbaik untuk pengeluaran sehari-hari dan lebih mudah melacak saldo saat ini.

Batasi kerusakan yang dilakukan karena Anda tidak akan dapat memaksimalkan banyak kartu tersebut. 

2. Tetapkan batas pengeluaran untuk diri sendiri

Buatlah anggaran dan tetapkan batasan untuk berbagai kategori pengeluaran diskresioner. Jika belum mengalokasikan jumlah yang ditentukan untuk makan di luar atau hiburan, Anda akan sangat sulit untuk mengetahui kapan pengeluaran tersebut berlebihan.

Cari tahu berapa penghasilan, berapa banyak uang yang digunakan untuk pengeluaran tetap, berapa banyak yang harus ditabung, dan berapa banyak yang tersisa. 

Kemudian, putuskan bagaimana menggunakan uang yang tersisa setelah membayar hal-hal penting sehingga bisa mendapatkan nilai terbaik. 

Setelah memiliki batas pengeluaran, Anda memiliki panduan yang akan memberi tahu jika pengeluaran uang terlalu banyak dan saat itulah harus berhenti membelanjakannya. 

3. Pantau saldo kartu kredit saat ini

Setelah menetapkan batas jumlah yang dapat dikenakan setiap bulan, Anda pasti ingin melacak kinerja.

Lakukan dengan masuk ke akun kartu kredit online secara teratur. Bergantung pada seberapa sering menagih sesuatu, Anda dapat masuk setiap hari atau masuk setiap minggu untuk melihat berapa saldo kartu saat ini. 

Bandingkan jumlah yang dibayarkan dengan uang tunai yang tersedia untuk melunasi tagihan atau dengan batas pengeluaran yang ditetapkan untuk diri sendiri. 

Jika telah mencapai batas pengeluaran atau tidak memiliki cukup uang untuk melunasi saldo secara penuh di akhir bulan, segera hentikan penagihan agar Anda tidak terlibat dalam hutang kartu kredit. 

2 dari 3 halaman

4. Cari aplikasi pengingat saat mengeluarkan uang terlalu banyak

Banyak aplikasi yang memungkinkan menyetel peringatan khusus ketika saldo kartu kredit mencapai tingkat tertentu. 

Gunakan aplikasi penganggaran untuk menetapkan batas pengeluaran pada kategori pengeluaran tertentu dan menautkan akun ke aplikasi sehingga Anda dapat dengan mudah melacak apakah tetap pada batas atau berlebih. 

Banyak dari aplikasi ini akan memperingatkan kita ketika mendekati jumlah yang dianggarkan atau melebihi batas. 

Jika menggunakan aplikasi ini, Anda dapat langsung diberi tahu saat mulai menagih terlalu banyak meskipun lupa untuk memeriksa saldo kartu. Ini akan menjadi pemberitahuan bahwa sudah waktunya untuk berhenti berbelanja. 

5. Hapus kartu kredit dari akun online 

Jika Anda cenderung memiliki masalah dengan pengeluaran berlebihan untuk belanja online, cukup dengan mengeluarkan kartu dari akun online dapat membuat perbedaan besar.

Saat kartu Anda disimpan, sangat mudah untuk membeli sesuatu tanpa memikirkannya, terutama karena banyak situs web memfasilitasi pembelian dengan sekali klik.

 Sebaliknya, jika harus mengetikkan nomor kartu secara manual, ini membutuhkan lebih banyak usaha dan kemungkinan akan membuat Anda berpikir lebih hati-hati tentang pembelian yang dilakukan. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini