Sukses

Menpora Tinjau Pemusatan Latihan Voli Duduk Asian Para Games

Asian Para Games 2018 bergulir 6-13 Oktober mendatang.

Liputan6.com, Solo - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memantau pemusatan latihan atlet bola voli duduk sebelum mengikuti Asian Para Games 2018 di Gedung Olahraga Baturan Karanganyar, Jumat (14/9/2018).

Bersama tim pelatih, Menpora kemudian mengajak bertanding melawan tim putri voli duduk Indonesia untuk mencoba kekuatannya. Pada laga ini, tim putri menang dua set langsung.

Setelah mencoba, Menpora mengaku butuh waktu untuk belajar voli duduk. Para atlet voli pun sudah berbulan-bulan pemusatan latihan di Solo dalam memperlajari kekuatan tim, baik teknik strategi dalam menyerang pertahanan lawan. Pada saat bersamaan, atlet harus bermain sesuai peraturan. 

Menpora mengaku menikmati dan mendukung para atlet voli untuk berprestasi pada Asian Para Games. Dia pun berharap Indonesia dapat meraih prestasi meski baru pertama kali mengikuti voli di Asian Para Games. "Kami juga minta pelatih untuk melihat perkembangan calon-calon lawan kita di Asian Para Games," kata Menpora.

Menpora menyatakan tim voli putri sudah menunjukkan perkembangan dengan menempati posisi lima pada try out ke Tiongkok, Mei 2018.

"Kami rencana mengajak para atlet Asian Games untuk menikmati dan memberikan dukungan ketika atlet kita melawan atlet-atlet Asian Para Games," kata Imam Nahrawi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya ke Jakarta

Menpora mengatakan setelah melihat langsung persiapan para atlet dalam melakukan pemusatan latihan di Solo, pihaknya mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat jelang Asian Games.

"Mereka sudah melakukan persiapan dengan baik, tantangan dan try out sudah dilalui, dan tinggal menjaga mental bertandingnya agar menjelang perhelatan siap," katanya. 

Pelatih voli Indonesia Andri Asrol Setiawan mengatakan, para atlet akan berangkat ke Jakarta pada tanggal 20 September 2018. Mereka sudah melakukan persiapan 100 persen dan hendak beradaptasi dengan venue.

"Tim voli putri hasil try out di Tiongkok pada Mei 2018 berhasil menempati peringkat lima dunia setelah Tiongkok, Korea Selatan, Uzbekistan, dan Jepang. Target untuk tim putri pada Asian Para Games Jakarta, bisa merebut medali perunggu," kata Andri.

3 dari 3 halaman

Kegiatan Menpora

Selain meninjau cabang olahraga voli duduk di Solo, Menpora juga meninjau arena balap sepeda di Manahan, anggar (Sumber), dan goal ball (Blulukan). Hari sebelumnya Menpora meninjau cabang panahan (Jebres), boling (Jebres), dan catur (Karanganyar).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.