Sukses

Indonesia Offroad Expedition 2023 Rampung, Cuma 49 Peserta yang Finis

Cuma dua peserta yang gagal finis di IOX 2023 yang berakhir di Lampung.

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia Offroad Expedition 2023 (IOX) akhirnya rampung pada 21 Mei 2023. Setelah melalui 14 hari penuh tantangan sejak start pada tanggal 7 Mei 2023 di Pagar Alam, hanya 49 peserta yang berhasil finis.

IOX 2023 total diikuti 51 peserta. Dua peserta yang gagal finis tepat di depan lobby Grand Elty Krakatoa Resort, Kalianda, Lampung.

Tepat jam 15.00 WIB, peserta yang duduk di kap mesin kendaraannya masing-masing, satu persatu memasuki gerbang finish disopiri oleh salah satu crew kendaraan peserta. Terlihat wajah ceria dan bahagia berhasil finish dengan sukses setelah 14 hari berjibaku dengan medan off-road yang ekstrim.

Seluruh peserta yang memasuki gerbang finish satu persatu di kalungi secara bergantian oleh Danrem 043 Garuda Hitam, Lampung Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin SE, Wakil Bupati Way Kanan Lampung yang sekaligus Ketua Indonesia Off-road Federation (IOF) Pengda Lampung, Drs. Ali Rahman MM, Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin SH, SIK, MSi, dan Dandim 0421 Lampung Selatan Letkol Inf Fajar Akhirudin SIP, MSi.

Turut terlibat juga dalam pengalungan medali IOX kepada peserta Ketua Umum IOX Sri Hascaryo, Ketua Panitia IOX 2023 PALA yang sekaligus Walikota Pagar Alam Alfian “Piuk” Maskoni SH, Anggota DPRD Sumsel H. Saifudin Aswari Riva’I, SE, Team Leader IOX dan Pengurus IOX lainnya.

Seluruh peserta, tim media dan tim service car serta kendaraan official panitia, terlihat gembira mendapat medali IOX yang memang tidak mudah mendapatkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berjalan Lancar

Acara IOX 2023 PALA ditutup dengan Gala Diner yang diselenggarakan di tepi pantai Grand Elty Krakatoa Resort, Kalianda, Lampung, dengan acara makan malam, pembagian award, dan acara mengenang almarhum Syamsir Alam, tokoh legendaris off-road di Indonesia, yang juga pendiri dari IOF dan IOX.

Setelah diner, hadirin disajikan narasi dan video singkat tentang Almarhum Syamsir Alam. Terlihat beberapa hadirin tidak bisa menahan haru mengingat saat kenangan bersama Syamsir Alam, yang wafat tanggal 12 Mei 2022, saat baru menyelesaikan survey event off-road besar.

Dalam sambutannya, Ketua Umum IOX, Sri Hascaryo, bersyukur bahwa event tahunan IOX 2023 PALA tetap bisa berjalan dengan standard IOX setelah tiadanya Almarhum Syansir Alam. “Saya sempat khawatir siapa yang akan mempersiapkan route dan track off-roaf IOX?, Alhamdulilah event IOX 2023 PALA bisa berjalan sesuai standard IOX selama ini” kata Yoyok.

3 dari 4 halaman

Para Pemenang

Usai sambutan, Yoyok dan seluruh peserta menyampaikan terima kasih kepada Alpian Piuk, Ketua Panitia IOX 2023 PALA, dengan cara IOX yaitu bersama sama membungkuk mengucapkan terima kasih kepada Alpian Piuk.

Sudah menjadi tradisi IOX, setiap selesai event, ada penilaian atas peserta. Dimana Tim Penilai yang terdiri dari Master Track, Safety Officer, Team Leader dan Team Media, bersama sama menilai peserta, baik secara perorangan maupun tim.

Adapun peserta yang berhasil meraih award bergengsi IOX untuk kategori perorangan adalah Ahmad Nur, Nomor pintu 348, Tim Jalak Hitam, sebagai The Best Rookie (peserta baru); Murad, 358, Tim Badak, sebagai The Best Navigator; kemudian Tjong Candra, 033, Tim Harimau, sebagai The Best Driver.

Untuk kategori Tim, pemenang award IOX adalah Tim Alap-Alap Macan sebagai The Junggle Team; Tim Elang Putih sebagai The Most Helpful Team; Team Leader sebagai The Best Green Team; Tim Harimau Sumatera sebagai The Best Crew dan Tim Badak sebagai The Best Team.

4 dari 4 halaman

Mengenang Syamsir Alam

Untuk mengenang jasa almarhum Syamsir Alam, mulai event IOX tahun 2023 ini, Panitia menyedikan piala bergilir Syamsir Alam, yang diberikan kepada Tim Terbaik. Untuk event IOX 2023 PALA, Syamsir Alam Award jatuh kepada Tim Badak, yang sejak lama menjadi langganan pemenang sebagai The Best Team karena kedisiplinan dan kekompakan seluruh crew Tim ini.

Yoyok, saat ditanya lokasi off-road berikutnya, belum bisa memberikan informasi route atau track event IOX 2024. “Biasanya seluruh pengurus dan anggota IOX akan melakukan meeting untuk bersama-sama memutuskan lokasi event off-road IOX berikutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini