Sukses

Dibantai Korea Selatan 12-0, Timnas Putri Indonesia Minta Maaf

Timnas Putri Indonesia tak bisa meredam agresivitas Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas putri Indonesia gagal lolos ke fase berikutnya di Asian Games 2018 usai digulung Korea Selatan, 0-12, Selasa (21/8/2018). Kata maaf langsung diucapkan pelatih timnas putri Indonesia, Satia Bagja usai pertandingan tersebut.

"Kami minta maaf gagal lolos ke tahap berikutnya karena kalah gol dari Hong Kong," ujar Satia dalam jumpa pers usai pertandingan.

Satia menambahkan, dirinya sudah berusaha untuk meredam agresivitas Korsel. Bahkan strategi 'parkir bus' sudah ia praktekkan dalam pertandingan Timnas Putri Indonesia melawan Korsel di Stadion Jakabaring, Palembang tersebut.

Pelatih berusia 57 tahun ini mengatakan, ia sampai memplot pemain belakang untuk menjadi gelandang bertahan. Salah satunya adalah Ade Mustikiani yang merupakan bek tengah.

"Banyak pemain bernaluri bertahan saya taruh menjadi gelandang. Di tengah sudah ada tiga bek tengah," ujar Satia.

Satia menambahkan, strategi tersebut menjadi mentah karena kualitas Korea yang jauh di atas timnas putri. "Ibaratnya mereka sudah bisa berlari, kita masih berjalan," kata Satia.

 *Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga informasi terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Umpan Silang

Salah satu strategi yang juga gagal adalah antisipasi umpan silang. Menurutnya, strategi itu gagal karena timnas tak punya cukup waktu untuk persiapan.

"Jujur saja waktu satu hari untuk pemulihan itu tidak cukup. Saya coba untuk antisipasi umpan silang, tetapi pemain benar-benar sudah tidak sanggup," ujar Satia.

3 dari 3 halaman

Peringkat Ketiga

Kekalahan atas Korsel mengakhiri petualangan timnas putri di Asian Games 2018. Muzdalifah Zahra dan kawan-kawan finis di peringkat ketiga Grup A dengan 3 poin, hasil dari kemenangan 6-0 atas Maladewa.

Sementara, Korea dan Taiwan berhak atas tiket ke Babak 8 Besar sebagai wakil Grup A. Pada pertandingan terakhir, Taiwan menang 7-0 atas Maladewa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini