Sukses

ITB dan RSHS Bandung Siap Sukseskan Asian Games

ITB menyiapkan latihan untuk tim sepak bola di Asian Games dalam berlatih.

Liputan6.com, Jakarta Asian Games Organizing Comittee (Inasgoc) menyediakan sembilan lapangan untuk berlatih bagi para pemain dari 32 negara peserta sepakbola Asian Games 2018. Salah satunya lapangan sepakbola Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung (Sabuga ITB).

Rektor ITB, Kadarsah Suryadi memastikan lapangan Sabuga ITB siap digunakan karena telah dilakukan rangkaian proses peremajaan.

"Kita sediakan lapangan bola yang telah disempurnakan untuk berlatih para peserta sepakbola dari berbagai negara. Rumput berstandar internasional disiapkan melalui bantuan Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat. Begitu pula lampu lapangan yang dapat digunakan saat siang dan malam," ujar Kadarsah Suryadi usai menghadiri acara Academic Leader Awards 2018 yang digagas Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) di Jakarta, Jumat 17 Agustus 2018.

Tak hanya lapangan Sabuga ITB, panitia pelaksana Asian Games 2018, Inasgoc juga menunjuk Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung sebagai rumah sakit rujukan pelayanan medis bagi para atlet Asian Games 2018.

Menurut Ketua Tim Medis RSHS Bandung, Doddy Tavianto, direksi RSHS Bandung menyiagakan 35 tenaga medis khusus sekaligus 12 perawat.

"35 orang itu meliputi 25 dokter umum serta 10 dokter spesialis yang terdiri dari dokter bedah syaraf, dokter ortopedi, dokter anastesi, dan dokter jantung. Ruangan termasuk peralatan medis turut disiapkan. Bahkan dua ambulans berstandar internasional diterjunkan ke venue berisiko tinggi mountain bike dan road race di Subang. Sedangkan dua ambulans siaga di RSHS Bandung," kata Doddy Tavianto, belum lama ini di Bandung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bidik Dua Emas

Sementara itu, menghadapi pertandingan sepak takraw Asian Games, para atlet sepak takraw Indonesia menargetkan meraih dua medali emas. Laga perdana babak penyisihan sepak takraw berlangsung 19 Agustus 2018.

"Pada Asian Games tahun ini kita ikut enam nomor, yaitu empat nomor putera dan dua nomor Puteri. Jadi kita berpeluang raih satu emas di nomor putera serta satu emas di nomor puteri," tutur pelatih tim sepak takraw Indonesia, Asri Syam.

Rencananya, seluruh pertandingan sepak takraw digelar di Jakabaring Sports City Palembang, Sumatera Selatan. Sepak takraw dipertandingkan dalam pesta olahraga empat tahunan terbesar se-Asia ini sejak Asian Games ke-11 di Beijing Cina, 1990.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.