Sukses

Mengenal Modern Pentathlon, Cabang Olahraga Baru di Asian Games 2018

Cabang modern Pentathlon dalam Asian Games terbagi atas lima cabang olahraga yang harus dikuasai oleh satu orang atlet.

Fokus, Tangerang - Satu lagi cabang olahraga yang untuk pertama kalinya di pertandingkan dalam Asian Games 2018 yaitu modern pentathlon. Cabang olahraga ini menggabungkan lima cabang olahraga menjadi satu, yakni anggar, renang, berkuda, lari, dan menembak.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (23/7/2018), sejak pagi, enam orang atlet pentathlon yang akan terjun dalam Asian Games 2018 sudah berlatih tanding atau sparing partner untuk cabang olahraga anggar di SMA Adria Pratama Mulya, Tangerang, Banten.

Setiap atlet akan saling berhadapan dalam cabang anggar dan harus mencetak poin terbanyak dalam satu menit.

"Memberikan yang terbaik sebisa mungkin, juara itu sudah bonus," kata Dea Salsabila,atlet pentathlon. 

Usai anggar, dilanjutkan lomba renang 200 meter gaya bebas. Penilaian dilakukan terhadap atlet yang paling cepat untuk kemudian mengambil kuda. 

Di cabang berkuda, para atlet harus menyelesaikan sejumlah rintangan dengan kuda yang sudah ditentukan sesuai undian.

"Dari atlet, kami usahakan mereka sudah siap semuanya," ujar atlet pentathlon Yusri.

Yang terakhir, kombinasi menembak dan lari sejauh 3,2 kilometer. Setiap satu putaran atau 800 meter, mereka akan berhenti untuk menembak dengan pistol laser sebanyak lima kali.

"Senjata yang kita pakai saat latihan ini khusus junior," jelas Silvia Kristina, pelatih atlet pentathlon.  Modern pentathlon merupakan salah satu cabang olahraga yang baru dipertandingkan dalam [Asian Games 2018. Pentathlon terbagi atas lima cabang olahraga yang harus dikuasai oleh satu orang atlet. Korea Selatan menjadi negara yang paling diunggulkan untuk cabang olahraga ini. (Muhammad Gustirha Yunas)