Sukses

Kirab Obor Asian Games 2018 ke India untuk Bawa Api Abadi

Fokus, Jakarta - Wakil Ketua Pelaksana INASGOC Syafri Syamsudin melepas 65 kontingen torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 yang berangkat menggunakan pesawat TNI AU dari Bandara Halim Perdanakusuma. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (14/7/2018), nantinya puluhan peserta kontingen tersebut akan membawa api abadi dari India ke Jogjakarta.

Peserta yang terdiri dari unsur TNI, atlet, dan pendukungnya ini dilepas oleh Wakil Ketua Pelaksana INASGOC dan Pangkaops AU I Nanang Santoso, pagi tadi.

Sebelum bertolak, perwakilan pesertapun diberi mini lantern penjemput obor abadi.

"Ini adalah awal tugas kita dalam memulai Asian Games 2018. Sejak 56 tahun lalu, pengambilan obor api ini menjadi bagian dalam sejarah bangsa Indonesia," kata Syafri Syamsudin.

Rangkaian acara torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 ini akan menonjolkan semboyan Indonesia, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Karena Indonesia sudah menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya setelah 56 tahun lalu menjadi tuan rumah.

Kirab obor Asian Games 2018 akan dimulai dengan mengambil api abadi, pada 15 Juli dari India lalu dibawa kembali ke Indonesia. Dan akan tiba di Jogjakarta, pada 17 Juli 2018 dan sampai di Prambanan pada 18 Juli 2018. (Muhammad Gustirha Yunas)