Sukses

Asian Games 2018: Stadion Bumi Sriwijaya Masih Bersolek

Jakarta Stadion Bumi Sriwijaya merupakan venue yang bakal menjadi saksi kiprah para pesepak bola wanita di Asian Games 2018. Pemerintah mulai merenovasi bangunan yang berlokasi di Palembang itu sejak Juli 2017. Namun, hingga kini proses pengerjaan belum sepenuhnya rampung, alias masih menyisakan beberapa catatan.

Sejumlah fasilitas stadion dibenahi untuk menjamin para atlet tampil maksimal, sekaligus memberi kenyamanan kepada publik yang menyaksikan laga secara langsung. Fasilitas yang dibenahi antara lain rumput lapangan, kursi penonton, hingga toilet.

Menurut pantauan Bola.com, proses renovasi baru rampung sekitar 80 persen. Namun, fasilitas vital seperti kursi penonton, semuanya telah selesai diperbarui agar memenuhi standar Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Gambaran kursi penonton di tribun timur di Stadion Bumi Sriwijaya

Akan tetapi, masih ada banyak titik yang belum selesai dibenahi, misalnya lintasan lari di stadion, hingga area taman sekitar pintu masuk untuk para pengunjung. 

Lintasan lari yang masih belum selesai direnovasi di Bumi Sriwijaya

Selain pembenahan di sejumlah titik yang belum selesai, ada pula beberapa fasilitas penting lain yang masih minim di Bumi Sriwijaya. Pihak kontraktor baru membuat setidaknya tiga toilet untuk pengunjung umum di stadion berkapasitas 15.000 orang tersebut. Itu pun bertempat di luar stadion.

 

2 dari 2 halaman

Kondisi Toilet

Kuantitas toilet yang dibangun juga kurang jika publik memadati Bumi Sriwijaya untuk menyaksikan pertandingan. Jika menilik regulasi AFC, sebuah stadion wajib menyediakan setidaknya empat toilet duduk di berbagai titik strategis. Kamar kecil itu juga harus dilengkapi sabun dan tisu. 

Fasilitas toilet di Bumi Sriwijaya juga belum memenuhi regulasi AFC. Belum ada wadah mencuci tangan di setiap bilik toilet yang dibangun.

Selain itu, Bumi Sriwijaya juga belum dilengkapi musala untuk publik menjalankan ibadah. Bola.com mencoba menelusuri seluruh area stadion, tetapi tidak menemukan satu tempat khusus yang dapat digunakan untuk kegiatan keagamaan.

Bola.com kemudian mencoba menemui dan menghubungi pihak pengembang untuk meminta penjelasan mengenai proses rehabilitasi semua infrastruktur di Bumi Sriwijaya. Sayangnya, usaha yang dilakukan tidak membuahkan respons hingga tulisan ini dimuat.

Berbagai pihak tentunya berharap proses renovasi Bumi Sriwijaya bisa selesai tepat waktu, mengingat Asian Games 2018 akan bergulir pada 18 Agustus 2018. Penyediaan fasilitas yang baik dan sesuai aturan porsinya tentu bakal mendongkrak citra Indonesia di mata dunia.

Artikel Selanjutnya
Asian Games: Inasgoc Antisipasi Serangan Siber
Artikel Selanjutnya
Asian Games: Timnas Voli Putra Indonesia Ditargetkan Raih Perunggu