Jokowi Bakal Luncurkan Rute BKTB Baru Setiap Pekan

18 Unit Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) 01 jurusan Pantai Indah Kapuk (PIK)-Monas telah beroperasi.

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 05 Feb 2014, 15:48 WIB
18 Unit Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) 01 jurusan Pantai Indah Kapuk (PIK)-Monas telah beroperasi. Selebihnya, ada 20 koridor atau rute BKTB baru untuk pengoperasian 328 armada pada setiap pekan.

"Ya ini bus sudah, setiap minggu langsung luncurkan lagi. Ada 20 koridor baru lagi. Ini baru pertama," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di kawasan Waterboom PIK, Jakarta Utara, Rabu (5/2/2014).

Kemudian, lanjutnya, di setiap kawasan perumahan yang akan dilalui BKTB itu nantinya disediakan park and ride. Warga perumahan dapat memarkir kendaraannya di lokasi parkir yang disediakan, kemudian pindah menggunakan BKTB.

Kehadiran BKTB juga diharapkan dapat efektif mengurai kemacetan dan mengurangi volume kendaraan pribadi di Jakarta. Sebab, rute yang dilakukan ratusan BKTB mulai dari kompleks perumahan melintasi pusat perbelanjaan dan perkantoran. Serta terintegrasi dengan bus Transjakarta dan stasiun kereta rel listrik (KRL).

"Oleh sebab itu, rute BKTB dimulai dari kompleks perumahan-perumahan besar seperti ini. Kehadiran BKTB ini untuk mengubah pola mengendarai mobil sendiri mau masuk ke BKTB. Pakai bus umum lah," ajak Jokowi.

Untuk selanjutnya, 12 unit BKTB 02 dengan jurusan Tanah Abang-Kalibata City akan diluncurkan pekan depan. BKTB itu nantinya terintegrasi dengan koridor I (Blok M-Kota) dan Koridor IX (Pinangranti-Pluit) serta terhubung dengan stasiun kereta Tanah Abang, Dukuh Atas/Sudirman dan Stasiun Kalibata. (Mut/Yus)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya