Pesona Negeri Seribu Pulau

Berbicara tentang Indonesia, seakan tidak ada habisnya. Karena memang banyak hal yang bisa dibanggakan dari negara seribu pulau ini.

oleh Liputan6 diperbarui 09 Nov 2013, 17:07 WIB
Citizen6, Surabaya: Berbicara tentang Indonesia, seakan tidak ada habisnya. Apalagi mengenai alasan kenapa mencintai Indonesia. Mengapa demikian? Karena memang banyak hal yang bisa dibanggakan dari negara seribu pulau ini. Tidak hanya sebagai tempat dimana kita dilahirkan, tumbuh, dan berkembang, tapi di sini juga diperlukan peran aktif masyarakat, terutama para generasi mudanya untuk menjaga semua keindahan dan pesona yang ada di dalamnya.

Berikut 6 alasan dari sekian banyak hal yang membuat kita harus menjaga keindahan alam Indonesia:

Indonesia Unik

Karena terletak di antara 2 benua dan samudra. Posisi yang strategis ini menjadikan Indonesia memiliki musim tropis yang paling digemai oleh kebanyakan penduduk dunia karena memiliki panas yang merata sepanjang tahun. Selin itu, Iklim tropis merupakan iklim yang sangat mendukung untuk pertanian, mulai dari pertanian yang menghasilkan bahan makanan, buah-buahan, sayur-sayuran, kopi, tembakau, cengkeh dan 1100 jenis rempah lainnya. Terbukti, salah satu hasil pertanian Indonesia yaitu kopi luwak menjadi salah satu jenis kopi termahal dan paling dicari di dunia.

Letak Indonesia yang strategis juga cocok untuk keberlangsungan berbagai macam vegetasi. Tak ayal posisi yang strategis ini menjadikan Indonesia memiliki vegetasi yang lengkap baik dari segi flora maupun fauna sehingga sangat wajar jika Indonesia disebut sebagai negara dengan megabiodiversity. Menurut LIPI diseluruh dunia terdapat kurang lebih 2 juta spesies tumbuhan yang telah dikenali dan 60% dari jumlah tersebut terdapat di Indonesia. 25 % dari jumlah spesies tumbuhan berbunga yang ada di dunia terdapat di Indonesia termasuk didalamnya 4.000 jenis anggrek dan sebagaian besar diantaranya hanya terdapat di Indonesia.

Indonesia juga menjadi rumah yang cocok untuk lebih dari 500 jenis mamalia. Lebih dari 100 jenis kupu-kupu, 600 jenis reptil, lebih dari 1500 jenis burung, dan lebih dari 250 jenis Amfibi. Seperti halnya flora, Indonesia juga memiliki banyak fauna khas yang endemik di antaranya adalah Harimau Sumatra, Bekantan, orang hutan, hewan terkecil di dunia yaitu tarsius, burung-burung cantik seperti cendrawasih, jalak bali, merak hijau, dan tak ketinggalan komodo, binatang yang telah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Indonesia kreatif

Ukiran kayu, anyaman, dan hiasan dari bambu, wayang, gerabah dan kerajinan tenun, dan lain-lain merupakan bukti orang Indonesia adalah orang-orang yang kreatif. Terbukti mereka bisa mengubah sumber daya  yang ada disekitarnya menjadi suatu kerajinan yang mampu menembus pasar dunia. Dalam pembukaan INACRAFT 2013  Boediono mengatakan, produk kerajinan Indonesia telah dipasarkan ke lebih dari 180 negara karena didesain dengan sentuhan budaya tanah air dan cita rasa tinggi. salah satu produk kerajinan Indonesia yang terlihat sepele namun sudah go internasional adalah hiasan patung bebek dari bambu. Siapa sangka kerajinan yang biasanya berjejer di sepanjang kawasan Klaten ini telah menembus pasar Amerika dan BelAnda.

Tidak hanya dilevel kerajinan tangan, kreatifitas Indonesia juga tercermin dari berbagai karya putra-putri bangsa yang juga telah mendunia. Sebut saja Tex Saverio, desaigner muda berbakat yang karyanya terpakai dalam serial kedua film the hunger games, catching fire. Sebelumnya, Tex Saverio juga membanggakan Indonesia lewat karyanya yang dipakai oleh artis sekelas Lady Gaga dan Kim Kadarshian.

Indonesia Eksotik

Apakah Anda sepakat, kalau Indonesia itu eksotis? Bisa dibuktikan dengan alamnya yang begitu memukau. Mulai dari pantai, gunung, danau, air terjun sampai gua-gua yang unik, Indonesia memiliki semua itu. Beberapa di antaranya adalah danau di kepulauan derawan. Lokasi wisata yang berbatasan dengan negera tersebut memiliki danau yang dihuni oleh ubur-ubur tidak bersengat dan beberapa makhluk mikro seperti kuda laut mini dan ikan barakuda yang bisa dilihat mata telanjang.

Pulau Anambas, di Batam juga menjadi salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan. Pulau ini dinobatkan sebagai pulau tropis terindah Se-Asia mengalahkan Koh Cang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Teluk Halong (Vietnam), dan Similand Islands (Thailand). Pulau Anambas memiliki Laguna Pulau Bawah yang jadi salah satu terbaik di dunia.  

Tidak hanya menyajikan pesona pantai dan keindahan bawah laut, Indonesia juga memiliki gunung-gunung yang menjadi destinasi favorit para pendaki. Sebut saja gunung rinjani dan pegunungan jaya wijaya. Pegunungan Jayawijaya atau juga dikenal Pegunungan Cartenz masuk dalam jajaran Tujuh Puncak Dunia (Seven Summit).  

746 bahasa dan 1.128  suku bangsa, itulah keeksotisan lainnya yang dimiliki Indonesia. Banyaknya bahasa dan suku yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan dari masing-masing suku hingga kini tetap terjaga bahkan masih dilaksanakan oleh sebagian masyarakatanya. Salah satu contohnya adalah suku waerebo di Nusa Tenggara Timur. Desa ini hanya memiliki kurang dari 10 rumah, namun masyarakatnya tetap berpegang teguh pada adat sitiadat yang mereka miliki. Bahkan bangunan di desa ini yang berbentuk kerucut atau biasa disebut Mbaru Niang, meraih predikat sebagai salah satu obyek warisan dunia UNESCO pada 2012.

Penduduk Indonesia Ramah

Keramah-tamahan dan sopan santun sudah menjadi karakteristik masyarakat Indonesia terutama di pulau Jawa. Banyak orang luar yang mengaku kagum dengan karakter masyarakat Indonesia ini. Karakter lain yang melekat pada bangsa Inodensi adalah rasa persaudaraan yang tinggi. Rasa persaudaraan tersebut tercermin dari sikap peduli dan mau berbagi kepada sesama. Saat terjadi bencana di daerah tertentu misalnya. Maka seluruh golongan masyarakat mulai dari anak-anak sampai orang dewasa akan berbondong-bondong melakukan kegiatan penggalangan dana untuk membantu saudara-saudaranya yang tertimpa musibah.

Tanpa disadari, generasi muda sekarang juga mulai sadar akan pentingnya berbagi, baik dalam hal berbagi ilmu ataupun materi. Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan yang diadakan oleh organisasai siswa sampai mahasiwa. Hampir semuanya memiliki kegiatan peduli sosial dan lingkungan.

Indonesia cerdas

Negera mana yang menurut Anda memilik anak-anak yang cerdas dan luar biasa? Jawabanya bukan hanya China, Jepang, dan Amerika saja, putra-putri Indonesia juga telah banyak mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Sebut saja Jonathan Pradana Mailoa, M Firmansyah Kasim, dan yang paling update saat ini ada Josephine Monica, Himawan Wicaksono Winarto, dan kawan-kawan. Mereka adalah putra terbaik bangsa di bidang Fisika.

Berkat kepiawaian mereka bergelut dalam teori, analisis dan praktek ilm-ilmu Fisika, Indonesi dapat mengungguli China, India, dan Singapura dalam Asian Physics Olympiad (APhO) 2013. Bahkan indonesia berhasil meraih predikat the absolut winner dalam ajang tersebut.

Prestasi terbaru yang diraih indonesia adalah kemenangan garuda muda (timnas U-19) dalam laga final AFF 2013. Kemenangan tersebut sekaligus mengakhiri penantian panjang Indonesia yang sudah haus juara. Dalam laga AFC 2013, Evan Dimas dan kawan-kawan juga berhasil membawa Indonesia menuju putaran final yang akan diadakan di Myanmar tahun depan.

Indonesia dalam persatuan

Keberagaman itu indah. Walaupun berbeda, tapi kita tetap satu tanah air, yaitu tanah air Indonesia. Tak salah jika salah satu semboyan negeri ini adalah Bhineka Tunggal Ika, karena tak bisa dipungkiri bahwa Indonesia memang negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau, ribuan suku bangsa, budaya. Di antara keberagaman terbut masyarakat tetap bisa saling menghargai dan melengkapi. Rasa bangga dan cinta tanah air dan kesatuanlah yang membuat mereka hidup saling berdampingan. (Sari Putri/mar)

Sari Putri adalah pewarta warga.

Mulai 6 November-15 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Jika Aku Punya Startup". Dapatkan 3 tiket masuk ke acara Startup Asia Jakarta 2013, yang masing-masing tiketnya bernilai Rp 3,3 jutaan ditambah merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com. 







 

 



POPULER

Berita Terkini Selengkapnya