Akil Negatif Narkoba, Harjono: Untuk Apa Dibawa ke MKH?

Ketua MKH-MK menyatakan kasus dugaan penggunaan narkoba oleh Akil tak bisa dibawa ke sidang etik jika hasil tes BNN menyatakan negatif.

oleh Oscar Ferri diperbarui 08 Okt 2013, 14:07 WIB

Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan Ketua Mahkamah Konstitusi nonaktif, Akil Mochtar, negatif narkoba. Hal itu didapat setelah BNN melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap urine dan rambut Akil.

Ketua Majelis Kehormatan Hakim Mahkamah Konstitusi (MKH-MK), Harjono, mengaku belum mengetahui hal tersebut. "Oh ya? Saya belum tahu karena saya sidang terus," kata Harjono di Gedung MK, Jakarta, Selasa (8/10/2013).

Menurut Harjono, hasil pemeriksaan BNN yang menyatakan negatif tidak akan dibawa ke dalam MKH-MK. "Kalau negatif, apalagi yang dibahas? Itu urusan mereka (BNN)," ucap Harjono.

Namun demikian, kata Harjono, permasalahannya bukan pada narkoba semata. Tapi lebih kepada menelusuri dugaan pelanggaran kode etik. Karenanya, MKH-MK akan fokus pada lanjutan pemeriksaan saksi-saksi pada pemeriksaan malam nanti.

"Kan ada 3 yang belum diperiksa. 2 ajudan dan 1 sopir. Kita usahakan bisa datang. Jadi nanti malam 3 orang itu, BNN, dan kita harapkan KPK. Tapi kita belum koordinasi apakah KPK bisa kirim atau kita ke sana," ujarnya.

Sebelumnya, BNN menyatakan hasil pemeriksaan terhadap urine dan rambut Akil Mochtar negatif narkoba. Karenanya, BNN pun langsung menindaklanjuti penelusuran pemilik 4 linting ganja dan 2 pil yang mengandung metamfetamin di laci meja ruang kerja Akil di lantai 15 Gedung MK. (Ado/Ein)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya