Tips Buat Orangtua yang Capek Tapi Harus Hadapi Anak

Ketika orangtua mengambil tindakan dalam kondisi capek dan emosinya tak terkendali maka apapun yang dilakukan akan merugikan.

oleh Melly Febrida diperbarui 25 Sep 2013, 13:00 WIB
Orangtua yang memberikan hukuman ke anaknya jangan dalam keadaan emosional. Orangtua harus dalam keadaan terkendali. Namun, jika Anda tipe orangtua yang tak bisa mengontrol emosional atau lelah usai bekerja seharian ada tips ketika menghadapi anak.

"Ketika sedang menghukum anak orangtua harus introspeksi diri apakah karena sedang marah atau terkendali," kata Psikolog Klinis dari Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Heri Widodo, M.Psi, saat dihubungi Liputan6.com dan ditulis Rabu (25/9/2013).

Heri mengingatkan, ketika orangtua mengambil tindakan dalam kondisi emosinya tak terkendali maka apapun yang dilakukan akan merugikan.

"Tips dari saya ketika orangtua emosi dan capek, orangtua harus time out. Jangan memberikan perlakuan atau tindakan pada saat kita tak bisa mengendalikan diri," tegas Heri.

Ia mencontohkan, ketika seorang suami atau istri sedang emosi ia bisa menyampaikan ke pasangannya kalau ia butuh time out dengan menyendiri. Memilih langkah berpikir sejenak akan lebih bijak ketimbang melampiaskan emosi ke anak.

"Beberapa orang ada yang tak bisa mengontrol tapi ada yang bisa. Jadi, jangan ambil keputusan  ketika hati keruh," ujarnya menegaskan.

(Mel/*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya