Susu Memang Bisa Meninggikan Badan, Apa Sebabnya?

Bisakah status gizi di Indonesia diperbaiki? dan melihat banyaknya manfaat susu, apakah minum susu juga memngaruhi status gizi di Indonesia?

oleh Fitri Syarifah diperbarui 18 Sep 2013, 18:45 WIB
Masalah stunting (pendek) di Indonesia memang sering dikaitkan dengan status gizi. Tapi masalahnya, bisakah status gizi di Indonesia diperbaiki? dan melihat banyaknya manfaat susu, apakah minum susu juga memengaruhi status gizi di Indonesia?

Dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono pun menanggapinya. Menurutnya, kasus stunting biasanya dihubungkan dengan malnutrisi. Walaupun tidak semua kasus stunting akibat malnutrisi, tapi juga gen orangtua memengaruhi.

"Kasus stunting atau malnutrisi ini bisa diperbaiki. Memang perlu kerja keras, tapi kita bisa menyontoh dari orang Jepang. Orang Jepang itu dulunya pendek-pendek. Tapi sekarang meskipun orangtuanya pendek, mereka memberikan anaknya gizi yang baik, dan sekarang orang Jepang status gizinya membaik," jelas Fiastuti, seperti ditulis Rabu (18/9/2013).

Sebagai langkah memperbaiki gizi tersebut, mungkin salah satunya bisa dilakukan dengan kesadaran minum susu bagi anak. Karena ada begitu banyak kandungan dalam susu yang baik untuk perkembangan anak.

"Seperti misalnya protein, kandungan ini bermanfaat untuk tumbuh dan kembang anak. Belum lagi ditambah kalsium yang juga penting untuk pertumbuhan tulang. Jadi menurut saya, susu juga dapat membuat tinggi. Meskipun ada faktor lain seperti aktivitas fisik dan makanan bergizi lainnya yang memengaruhi tinggi anak," ungkapnya.

(Fit/Abd)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya