Bayi Lebih Nyaman di Pelukan Ayah yang Gemuk

Pria berbadan gemuk lebih disukai bayi. Penelitian menemukan, bayi merasa lebih nyaman jika dipeluk ayahnya yang tubuhnya chubby.

oleh Melly Febrida diperbarui 17 Agu 2013, 15:00 WIB
Badan gemuk berisiko terkena penyakit. Tapi, badan yang gemuk disukai bayi. Penelitian menemukan, bayi merasa lebih nyaman jika dipeluk ayahnya yang berbadan gempal dan gemuk.

Temuan itu menyebutkan pria dengan badan gemuk seperti James Corder akan menerima banyak pelukan dan dekapan dari anak laki-lakinya dibandingkan pria yang badannya proporsional seperti pesepakbola David Beckham.

Dr Michelle Heron-Delaney, dari Sheffield University, mengatakan dua-pertiga pria kelebihan berat badan dan obesitas, sedangkan bayi jauh lebih akrab dengan perut buncit dibanding yang six pack.

"Sangat mungkin bahwa sebagian besar bayi dalam studi itu memiliki orangtua yang kelebihan berat badan dan / atau memiliki tubuh yang tidak menarik," katanya lagi seperti dikutip Dailymail, Sabtu (17/8/2013).

Sementara Dr Alan Slater, dari Exeter University, mengatakan, kemungkinan tubuh yang bulat dianggap lebih feminin dan lebih akrab karena bayi menghabiskan sebagian besar waktunya di bawah perawatan ibunya.

Namun peneliti memperingatkan, paparan orang yang obesitas bisa membuat anak-anak melihatnya sebagai hal yang normal sehingga berkontribusi pada epidemi obesitas.

Bayi 6 Bulan Sudah Bedakan

Pada penelitian tersebut, untuk setiap percobaan salah satu pasangan merupakan model pria berotot, sementara yang lainnya adalah teman dari peneluti yang dianggap kurang menarik.

Anak-anak lelaku dan perempuan yang semuanya di bawah usia satu tahun duduk di lutut ibunya dan matanya bergerak ke arah video.

Analisis rekaman menunjukkan anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu melihat gambar pria berbadan normal.

Penelitian tersebut juga menunjukkan, bayi enam bulan sudah mampu membedakan jenis tubuh yang berbeda.

Para peneliti mengatakan ini menunjukkan bahwa bayi belajar menyukai jenis tubuh tertentu oleh pengalaman, bukannya lahir dengan perasaan bawaan seperti apa tubuh yang menarik.

(Mel)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya