Gencatan Senjata Berakhir, Israel - Hamas Kembali Saling Serang

Perang antara Israel dan Hamas kembali pecah beberapa jam setelah gencatan senjata sementara berakhir. Israel kembali membombardir Jalur Gaza, disusul serangan roket dari arah Jalur Gaza.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 02 Des 2023, 16:35 WIB
Perang Israel - Hamas
Perang antara Israel dan Hamas kembali pecah beberapa jam setelah gencatan senjata sementara berakhir. Israel kembali membombardir Jalur Gaza, disusul serangan roket dari arah Jalur Gaza.
Roket ditembakkan ke arah Israel dari Jalur Gaza, terlihat dari Israel selatan, Jumat (1/12/2023). Perang antara Israel dan Hamas kembali pecah beberapa jam setelah gencatan senjata sementara berakhir. (AP Photo/Ariel Schalit)
Helikopter Apache Israel menembakkan suar di Jalur Gaza, Jumat (1/12/2023). Israel kembali membombardir Jalur Gaza, disusul serangan roket dari arah Jalur Gaza. (AP Photo/Ariel Schalit)
Kepala Urusan Bantuan Kemanusiaan PBB Martin Griffiths mengatakan harapan pupus dalam hitungan jam setelah gencatan senjata antara Israel dan Hamas berakhir pada Jumat pagi. (AP Photo/Tsafrir Abayov)
Dalam pernyataannya Griffiths menuturkan bahwa selama gencatan senjata tujuh hari, para sandera dibebaskan, keluarga-keluarga bersatu kembali, lebih banyak pasien menerima perawatan medis, dan jumlah bantuan ke Gaza meningkat. (AP Photo/Ariel Schalit)
Otoritas kesehatan Jalur Gaza mengatakan serangan udara Israel telah menewaskan 184 orang dan melukai sedikitnya 589 lainnya sejak gencatan senjata berakhir pada Jumat (1/12) pagi. Sebagian besar korban tewas adalah anak-anak dan perempuan. (AP Photo/Tsafrir Abayov)
Menurut petugas medis dan saksi mata, seperti dilansir The Guardian, Sabtu (2/12), pengeboman Israel pada Jumat paling intens terjadi di wilayah Khan Younis dan Rafah yang terletak di selatan Gaza. Sejumlah titik di Gaza tengah dan utara dilaporkan juga menjadi sasaran. (AP Photo/Ariel Schalit)
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pasukannya tetap pada rencana kemenangan total. Israel meyakini Khan Younis merupakan basis kepemimpinan Hamas. (AP Photo/Tsafrir Abayov)
Israel dinilai memberi isyarat mereka sedang bersiap melancarkan serangan darat ke Gaza selatan dalam eskalasi perang yang signifikan. Militer Israel dilaporkan telah menyebarkan selebaran di sejumlah area di Khan Younis, yang isinya peringatan agar warga mengungsi lebih jauh ke selatan menuju Rafah. (AP Photo/Ariel Schalit)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya