Kecewa Berat, Jurgen Klopp Minta Duel Tottenham vs Liverpool Diulang

Jurgen Klopp berkomentar usai PGMOL selaku badan yang mengurusi masalah perwasitan sepak bola profesional Inggris mengakui adanya kekeliruan keputusan dalam laga Tottenham Hotspur vs Liverpool.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 05 Okt 2023, 08:30 WIB
Manajer Liverpool Jurgen Klopp dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Real Madrid di Stadion Anfield, Rabu (22/2/2023) dini hari WIB. Sempat unggul, Liverpool kalah 2-5 dari Real Madrid. (Paul ELLIS / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Manajer Liverpool Jurgen Klopp akhirnya berbicara untuk pertama kalinya sejak PGMOL merilis audio VAR gol Luis Diaz yang dianulir wasit pada pertandingan lawan Tottenham di Liga Inggris.

Liverpool berkunjung ke markas Tottenham di pekan ketujuh Liga Inggris 2023/2024, Sabtu lalu (30/09/2023). Bertanding di Tottenham Hotspur Stadium, The Reds takluk dengan skor 1-2.

Pada pertandingan tersebut, gol Diaz dianulir karena offside. Namun, sejak keputusan kontroversial itu, PGMOL dan VAR mendapat banyak kritik atas penanganan situasi tersebut.

Pada Selasa malam lalu, audio VAR dirilis ke publik untuk pertama kalinya. Dan, Klopp langsung bereaksi terhadap audio tersebut.

"Audionya tidak mengubahnya sama sekali, saya tidak tertarik dengan apa yang terjadi karena saya melihat hasilnya, kami mencetak gol dan itu tidak masuk hitungan," kata Klopp pada wartawan menjelang pertandingan Liga Europa Liverpool melawan Union Saint-Gilloise.

2 dari 5 halaman

Klopp Minta Pertandingan Lawan Tottenham Diulang

Kiper Liverpool, Alisson Becker, hanya mampu memandangi bola yang masuk ke gawangnya saat melawan Tottenham Hotspur pada laga pekan ketujuh Premier League 2023/2024 di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (30/09/2023). (AFP/Henry Nicholls)

“Sangat penting bagi kita untuk menangani hal ini dengan cara yang tepat, sama pentingnya dengan sepak bola, wasit, hakim garis, VR tidak melakukan hal ini," katanya.

“Sebagai manajer Liverpool, saya ingin tayangan ulang, argumen yang menentang hal ini adalah semua orang kini akan menuntut hal ini, namun situasinya belum pernah terjadi sebelumnya. Saya rasa hal itu tidak akan terjadi," ujar Klopp.

"Saya pikir pertandingan ulang adalah hal yang benar untuk dilakukan, atau wasit mempertemukan kedua manajer saat itu. Masalahnya adalah Spurs kemudian mencetak gol, tapi itu pandangan saya...Sejauh yang saya ingat, hal seperti itu tidak pernah terjadi." terjadi, itu sebabnya saya pikir tayangan ulang harus diputar."

3 dari 5 halaman

Kesalahan yang Tak Boleh Terjadi Lagi

Wasit Simon Hooper memberikan kartu kuning kepada pemain Liverpool Mohamed Salah saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Tottenham Hotspur dan Liverpool di Tottenham Hotspur Stadium, London, Inggris, Sabtu (30/9/2023). Tottenham Hotspur mengalahkan Liverpool dengan skor 2-1. (AP Photo/Alberto Pezzali)

Berbicara tentang VAR secara umum, Klopp menambahkan: "Kata-katanya, jelas dan jelas, bukanlah kata-kata yang tepat. Hal-hal seperti ini tidak boleh terjadi. Kesalahan lain tidak boleh terjadi. Temukan solusi untuk mengatasinya. Kami mempercepatnya dan kami mendapatkan solusinya." keputusan cepat, tapi keputusan yang salah."

"Masalahnya jelas, tapi bisa diselesaikan. Kita harus mencoba menciptakan situasi di mana orang-orang ini bisa membuat keputusan terbaik."

4 dari 5 halaman

Dua Wasit VAR Liga Inggris Terpaksa Diistirahatkan

Liverpool harus bermain dengan sembilan pemain sejak menit ke-69 setelah Diogo Jota menerima kartu kuning kedua. Tottenham mencetak gol kemenangan di masa injury time babak kedua melalui gol bunuh diri bek Joel Matip yang salah menghalau umpan silang dari Pedro Porro. Tottenham menang 2-1. (AP Photo/Alberto Pezzali)

Dua wasit VAR Liga Inggris, Darren England dan Dan Cook diistirahatkan sebagai buntut dari blunder yang mereka perbuat dalam laga Tottenham Hotspur vs Liverpool di Premier League akhir pekan lalu.

Keduanya didapati salah membuat keputusan dengan menganulir gol pembuka Luis Diaz akibat dinilai offside di babak pertama, sehingga berbuntut pada kalahnya Liverpool dengan skor akhir 1-2, Sabtu (30/9/2023) lalu.

5 dari 5 halaman

PGMOL Nilai Kesalahan Tersebut Merupakan Human Error

Kiper Liverpool, Alisson Becker, hanya mampu memandangi bola yang masuk ke gawangnya saat melawan Tottenham Hotspur pada laga pekan ketujuh Premier League 2023/2024 di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (30/09/2023). (AFP/Henry Nicholls)

Belakangan, Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) selaku badan yang mengurusi masalah perwasitan sepak bola profesional Inggris mengakui adanya kekeliruan keputusan dalam laga Tottenham Hotspur vs Liverpool.

Diaz memang on side, sehingga gol pembukanya di babak pertama sejatinya dihitung sah. PGMOL melalui pernyataan resminya pun mengklaim kesalahan tersebut merupakan human error signifikan. Mereka juga menyayangkan VAR yang gagal memberi intervensi secara tepat di tengah laga.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya