Ni Made Pradnyani Dewi, WNI Penjaga dan Pelestari Seni Tari Bali di Rumania

Ni Made Pradnyani Dewi, seorang warga negara Indonesia (WNI), telah menjaga dan melestarikan seni tari Bali di Rumania selama 15 tahun. Mengajarkan tari kepada anak-anak Rumania adalah kebanggaan baginya, dan Rumania sangat menerima seni tari Bali dengan hangat.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 01 Okt 2023, 18:05 WIB
Tari Bali
Ni Made Pradnyani Dewi, seorang warga negara Indonesia (WNI), telah menjaga dan melestarikan seni tari Bali di Rumania selama 15 tahun. Mengajarkan tari kepada anak-anak Rumania adalah kebanggaan baginya, dan Rumania sangat menerima seni tari Bali dengan hangat.
Ni Made Pradnyani Dewi berpose dengan mengenakan pakaian tradisional di kediamannya di kawasan Strada Mircea Vulcanescu, Bucharest, Rumania, Rabu (27/9/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Ni Made Pradnyani Dewi menemani anak mengarjakan pekerjaan sekolah di kediamannya di kawasan Strada Mircea Vulcanescu, Bucharest, Rumania, Rabu (27/9/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
(kanan ke kiri) Stan Lorena Gabriela (17), Anghel Monika-Graziella (18), Borz Andreea Alexandra (17), Antonescu Amanda Larisa (16) berpose usia latihan di kediaman Ni Made Pradnyani Dewi, kawasan Strada Mircea Vulcanescu, Bucharest, Rumania, Rabu (27/9/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Ni Made Pradnyani Dewi, seorang warga negara Indonesia (WNI), telah menjaga dan melestarikan seni tari Bali di Rumania selama 15 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Awalnya, ia datang ke Rumania pada tahun 2008 untuk bekerja di Bali Spa, sebuah spa yang mengusung tema Bali. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Dengan bantuan suaminya, Vlad Lucian Zbarcea, ia memulai perjalanan yang awalnya hanya bertujuan mencari pengalaman kerja selama dua tahun di luar negeri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Namun, cinta pada pekerjaannya dan kehidupan di Rumania membuatnya tinggal lebih lama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Di sana, ia tidak hanya membangun keluarga kecil bersama suaminya, tetapi juga meneruskan tradisi seni tari Bali. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Mengajarkan tari kepada anak-anak Rumania adalah kebanggaan bagi Ni Made Pradnyani Dewi, dan Rumania sangat menerima seni tari Bali dengan hangat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Bagi Ni Made Pradnyani Dewi, seni adalah cara terbaik untuk mempromosikan Indonesia di mata dunia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Ni Made Pradnyani Dewi berharap lebih banyak perhatian dari pejabat dan pemerintah untuk mendukung seni dan budaya Indonesia di luar negeri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Melalui dedikasinya, Ni Made Pradnyani Dewi membuktikan bahwa walau pun jauh dari tanah kelahiran, seni tetap memiliki kekuatan untuk menyatukan hati dan merentangkan budaya Indonesia di dunia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya