Intip Kinerja APE Coin, Kripto Asli Ekosistem Bored Ape Yacht Club

ApeCoin dibangun di atas standar token ERC-20 Ethereum. Kripto ini diperdagangkan di beberapa bursa terbesar.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 26 Sep 2023, 11:43 WIB
ApeCoin, token berbasis Ethereum yang ditetapkan untuk mendukung permainan metaverse Otherside dari Yuga Labs dan aplikasi lainnya

Liputan6.com, Jakarta ApeCoin adalah cryptocurrency asli dari ekosistem Bored Ape Yacht Club (BAYC). Kripto Ini dirancang untuk menjadi lapisan protokol terdesentralisasi. Ape Coin juga digunakan untuk berbagai inisiatif yang seharusnya dipimpin oleh komunitas.

Berdasarkan data Coinmarketcap, Selasa (26/9/2023), harga ApeCoin adalah Rp 17.620 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 465,6 miliar.

ApeCoin alami penguatan 1,10 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 76, turun dari yang sebelumnya di posisi 38 pada Maret 2023.

ApeCoin memiliki kapitalisasi pasar Rp 6,36 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 306,8 juta ApeCoin dari maksimal 1 miliar ApeCoin.

ApeCoin dibangun di atas standar token ERC-20 Ethereum. Kripto ini diperdagangkan di beberapa bursa terbesar, seperti Binance, Huobi, KuCoin, Bybit, Kraken, dan sebagainya.

ApeCoin adalah proyek terdesentralisasi yang terinspirasi oleh proyek Bored Ape Yacht Club dari Yuga Labs. ApeCoin didirikan untuk digunakan dalam Ekosistem APE yang sedang berkembang, yang didukung oleh APE Foundation. 

DAO ApeCoin bertujuan untuk membangun dan memelihara Ekosistem APE dengan cara yang adil dan inklusif, menyediakan infrastruktur bagi pemegang ApeCoin untuk berkolaborasi melalui proses tata kelola yang terbuka dan tanpa izin.

ApeCoin adalah token tata kelola Ekosistem APE, yang memungkinkan pemegang token untuk berpartisipasi dalam ApeCoin DAO dan memberi pesertanya mata uang bersama dan terbuka yang dapat digunakan tanpa perantara terpusat. 

Sebanyak 62 persen dari semua ApeCoin dialokasikan ke Dana Ekosistem, yang akan mendukung inisiatif berbasis komunitas yang dipilih oleh anggota DAO ApeCoin.

ApeCoin juga memberikan akses ke bagian tertentu dari Ekosistem yang tidak tersedia, seperti game dan layanan eksklusif. Untuk pengembang pihak ketiga, ApeCoin adalah alat untuk berpartisipasi dalam ekosistem dengan memasukkan ApeCoin ke dalam layanan, game, dan proyek lainnya.

 
2 dari 3 halaman

Harga ApeCoin Anjlok Mengekor Harga NFT Bored Ape

Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik/Pikisuperstar

ApeCoin, token berbasis Ethereum yang ditetapkan untuk mendukung permainan metaverse Otherside dari Yuga Labs dan aplikasi lainnya, merosot ke level terendah sepanjang masa pada Selasa, 1 Agustus kemarin. Kondisi itu lantaran koleksi NFT blue chip milik perusahaan, Bored Ape Yacht Club menghadapi tekanan baru juga.

Melansir laman DeCrypt, Rabu (2/8/2023), ApeCoin jatuh serendah USD 1,77 pada Senin malam hingga Selasa pagi, menurut CoinGecko. Token telah berangsur pulih ke level USD 1,84, tetapi masih turun 1 persen selama beberapa hari terakhir dan 9 persen dalam sepekan.

Kebangkitan NFT Bored Apes Yacht Club yang meroket pada 2021 dan 2022 menetapkan 10.000 koleksi yang berpusat pada simian sebagai ikon Web3 untuk audiens arus utama. Tetapi karena pasar untuk PFP goyah secara lebih luas, aset yang terkait dengan sukses besar Yuga Labs tampaknya ikut ambruk.

Headwinds untuk ApeCoin datang beberapa hari setelah Yuga Labs memamerkan elemen-elemen dari game Otherside-nya di sebuah acara eksklusif, di mana 40 pemilik dan penggemar berat NFT menjelajahi bagian baru dari dunia virtualnya. Bagi sebagian orang, ini adalah kesempatan untuk mengenakan Bored Ape mereka sebagai avatar virtual untuk pertama kalinya.

ApeCoin memasuki pasar pada Maret 2022 dengan harga USD 8,54 dan melonjak setinggi USD 26,70 pada bulan berikutnya.

NFT Bored Ape juga mencapai harga minimum 152 ETH atau USD 429.000 pada April 2022 saat game Otherside milik Yuga bersiap untuk meluncurkan petak tanah berbasis NFT yang memungkinkan pemain menyesuaikan ruang mereka sendiri di dunia maya.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 
3 dari 3 halaman

Titik Terendah

Ilustrasi kripto (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Titik terendah yang baru ditemukan untuk ApeCoin mewakili penurunan lebih dari 93 persen dari titik tertinggi sepanjang masa, dan penurunan 73 persen dari USD 6,67 setahun yang lalu.

Namun, koin tersebut berada di peringkat #65 di antara semua token lainnya dalam hal kapitalisasi pasar senilai USD 675 juta, menurut data CoinGecko.

Pada awal Juli, harga Bored Ape merosot ke posisi terendah dalam beberapa tahun, menjadi harga dasar koleksi atau harga NFT termurah yang terdaftar melewati Ethereum senilai USD 52.000.

NFT Bored Ape naik ke USD 67.000 ETH pada bulan Juli, tetapi sejak itu turun kembali menjadi USD 54.000 ETH, menurut NFT Price Floor.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya