Menjajal LRT Jabodebek yang Resmi Beroperasi Hari Ini 28 Agustus 2023

Warga Jabodebek kini memiliki moda transportasi baru berupa LRT. Ya, hari ini 28 Agustus 2023, Presiden Jokowi meresmikan LRT Jabodebek di Stasiun Cawang, Jakarta.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 28 Agu 2023, 18:05 WIB
LRT Jabodebek Resmi Beroperasi
Warga Jabodebek kini memiliki moda transportasi baru berupa LRT. Ya, hari ini 28 Agustus 2023, Presiden Jokowi meresmikan LRT Jabodebek di Stasiun Cawang, Jakarta.
Sejumlah penumpang menaiki rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas, Kuningan, Jakarta, Senin (28/8/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kereta api ringan LRT Jabodebek resmi beroperasi dengan tarif sebulan pertama operasional sebesar Rp5.000 per orang untuk perjalanan jauh maupun dekat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Selain tarif flat Rp 5.000, skema selanjutnya yang disiapkan yaitu pengenaan tarif maksimal Rp 20.000 untuk jarak terjauh dan di bawah Rp 20.000 untuk selain jarak terjauh. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Namun, pengoperasian LRT Jabodebek di tahap awal ini masih terbatas, baik secara jumlah armada hingga waktu operasional. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Terdapat dua rute yang dilayani LRT Jabodebek ini yaitu, Stasiun Dukuh Atas Jakarta menuju di Stasiun Harjamukti Cibubur dan sebaliknya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kemudian Stasiun Dukuh Atas Jakarta menuju Stasiun Jatimulya Bekasi dan sebaliknya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
LRT Jabodebek melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Nantinya pada saat beroperasi penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Jumlah rangkaian kereta yang beroperasi ada sebanyak 27 trainset dengan 434 perjalanan dalam satu hari. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Terdapat 2 line perjalanan yaitu Line Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas – Cawang – Stasiun Harjamukti/pp dan Line Bekasi yang melewati Stasiun Dukuh Atas – Cawang – Halim - Stasiun Jatimulya/pp. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Masyarakat dapat menggunakan LRT Jabodebek dengan mudah melalui pembayaran nontunai seperti Kartu Uang Elektronik Perbankan, Kartu Multi Trip KAI Commuter, Scan Qris, Link Aja, dan KAI PAY. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya