Studi Ungkap Biaya Produksi Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, Berapa?

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G dijual dengan harga mulai dari Rp 19 jutaan, tapi biaya produksi untuk komponennya ternyata hanya sekitar Rp 7 jutaan.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 05 Jun 2023, 19:00 WIB
Samsung Galaxy S23 Ultra 5G dirilis dalam empat varian warna; Green, Cream, Phamtom Black, Lavender (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Counterpoint Research menerbitkan sebuah studi yang mengungkap biaya produksi Samsung Galaxy S23 Ultra. Seperti diketahui, HP Samsung termahal ini dijual dengan harga mulai dari Rp 19 jutaan.

Studi ini hanya berfokus pada komponen ponsel dan tidak menyertakan biaya tambahan, seperti logistik, penyimpanan, software testing, marketing, serta tarif lainnya. Menurut konsultan ahli Counterpoint, biaya produksi Samsung Galaxy S23 Ultra 5G hanya sebesar USD 469 atau sekitar Rp 7 jutaan. 

Adapun 35 persen dari bill of material (BoM) ini terkait chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, seperti dikutip dari Gizchina, Senin (5/6/2023). Qualcomm sendiri tidak hanya menyediakan chipset, tetapi juga beberapa komponen konektivitas, IC untuk manajemen daya, hingga sensor sidik jari. 

Selain itu, biaya produski Galaxy S23 Ultra tersebut juga mencakup panel AMOLED QHD+ 6,8 inci 120Hz, konfigurasi memori (RAM dan penyimpanan internal), dan sistem kamera dengan sensor 200MP yang dilengkapi telefoto periskopiknya.

Menariknya, layar menjadi komponen termahal kedua dalam pembuatan ponsel ini dengan persentase 18 persen. Hal tersebut berkat teknologi Dynamic AMOLED 2X yang dihadirkan Samsung.

Selanjutnya, biaya sistem kamera Galaxy S23 Ultra disebut hanya berkisar 14 persen, sedangkan memori menyumbang 11 persen dan 8 persen untuk material kerangka internal ponsel. Sisa 15 persen lainnya, BoM digunakan untuk beberapa komponen lain, seperti konektor, keypad, S-Pen, mikrofon, speaker, dan baterai.

2 dari 4 halaman

Samsung Ambil Untung Rp 12 Juta?

Kamera di Galaxy S23 Ultra 5G mengusung sensor 200MP ISOCELL H2, ditambah dengan kemampuan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 Mobile platform for Galaxy, kekuatan pemrosesan foto dan video menjadi lebih cepat dan hasilkan gambar yang lebih baik. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Meskipun biaya produksi Samsung Galaxy S23 Ultra hanya sekitar Rp 7 jutaan, Samsung tidak semata-mata memperoleh keuntungan sebesar Rp 12 jutaan dari harga pasaran ponsel ini. 

Perlu diingat, harga tersebut hanya mencakup biaya komponen dan tidak termasuk biaya lainnya seperti yang sudah disebutkan di atas. 

Sebagian negara pun mendapatkan smartphone ini dengan dukungan RAM 12GB dan konektivitas 5G mmWave yang jelas memiliki biaya lebih besar dibandingkan model 8GB dan sub-6GHz.

Selain itu jika dibandingkan dengan harga komponen HP flagship Apple, biaya iPhone 14 Pro Max tampaknya hampir sama. Namun, margin keuntungan yang diizinkan Apple jauh lebih tinggi daripada Samsung.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G dirilis dalam empat varian warna; Green, Cream, Phamtom Black, Lavender (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Meskipun harganya terbilang cukup mahal, Samsung Galaxy S23 Ultra 5G memiliki fitur andalan yang mumpuni untuk berbagai kebutuhan. 

Salah satu spesifikasi andalan pada Galaxy S23 Ultra adalah inovasi kameranya dengan lensa utama beresolusi 200MP, ultrawide 12MP, telefoto dan optical zoom 3x 10 MP, serta telefoto optical zoom 10x 10MP. 

Untuk kebutuhan selfie, ada kamera depan 12MP yang bisa merekam video 4K di 60 fps seperti kamera belakangnya

Untuk performanya, Galaxy S23 Ultra dibekali dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang mampu meningkatkan kinerja CPU hingga 36 persen dengan kecepatan GPU yang juga bertambah sebesar 41 persen, sehingga pengalaman ketika menggunakan ponsel ini untuk bermain game dan melihat visual bisa lebih baik.

Daya baterainya masih menggunakan kapasitas 5.000 mAh dengan fitur sistem pendingin, sehingga bisa membuat baterai lebih awet karena lebih tahan lama.

 
 
4 dari 4 halaman

Fitur Utama Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Bodi belakang Galaxy S23 Ultra (kiri), Galaxy S23 Plus (tengah), dan Galaxy S23 (kanan) (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Tak hanya itu, dengan sensor ISOCELL HP2 terbaru, Galaxy S23 Ultra mampu menghasilkan foto dan video yang terang dalam keadaan minim cahaya (low light). Gambar yang ditangkap juga akan lebih jernih, tajam, dan fokus pada objek dengan Quad Pixel yang akan mengurangi flare

Layarnya menggunakan Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci dengan resolusi QHD+ dan refresh rate 120HZ dengan touch sampling rate 240 HZ.

Smartphone ini juga menghadirkan kemampuan unggulan Galaxy Note Series yakni S Pen. Kemampuan ini hadir untuk memudahkan aktivitas pengguna dalam mencatat maupun membuat sketsa.

Infografis gaya hidup (Samsung)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya