Dipilih-Dipilih, Agenda Akhir Pekan di Jakarta untuk Mengisi Libur Panjang Akhir Pekan 1--4 Juni 2023

Bagi Anda yang berada di Jakarta dan tidak ingin bepergian jauh atau liburan ke luar kota, terdapat beberapa kegiatan seru yang dapat dikunjungi bersama keluarga. Berikut adalah beberapa event yang diselenggarakan pekan ini untuk mengisi libur panjang akhir pekan Anda.

oleh Dyra Daniera diperbarui 01 Jun 2023, 11:00 WIB
Indonesia Outdoor Festival. (Dok. Instagram/@indofestofficial)

Liputan6.com, Jakarta - Libur panjang telah tiba dan semua orang tengah bersemangat merencanakan kegiatan seru bersama keluarga tercinta. Dilansir dari situs Kemenparekraf, Menparekraf Sandiaga Uno  dalam acara "Weekly Brief With Sandi Uno" yang digelar secara hybrid di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, pada Senin, 29 Mei 2023, mengumumkan bahwa Kamis, 1 Juni 2023, akan menjadi Peringatan Hari Lahir Pancasila. Sementara itu, pada Minggu, 4 Juni 2023, umat Buddha akan memperingati Hari Raya Waisak 2567 BE.

Pemerintah telah menetapkan Jumat, 2 Juni 2023, sebagai cuti bersama untuk memperingati Hari Raya Waisak. Dengan begitu, libur panjang akan berlangsung selama empat hari, mulai dari 1 hingga 4 Juni 2023.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, "Ini adalah waktu yang tepat untuk turut memeriahkan liburan dengan sederet event-event menarik yang dapat menjadi pilihan masyarakat mengisi libur panjang."

Bagi Anda yang berada di Jakarta dan tidak ingin bepergian jauh atau liburan ke luar kota, terdapat beberapa kegiatan seru yang dapat dikunjungi bersama keluarga. Berikut adalah beberapa agenda akhir pekan yang diselenggarakan minggu ini untuk mengisi libur akhir pekan Anda. 

1. Indonesia Outdoor Festival 2023 

Bagi Anda penggemar petualangan dan kegiatan outdoor, Anda dapat mengikuti Indonesia Outdoor Festival (INDOFEST) 2023 yang berlangsung di  Istora Senayan Jakarta pada 1--4 Juni 2023. INDOFEST adalah pameran perjalanan outdoor dan petualangan terbesar di Indonesia, yang kini berkembang menjadi yang terbesar di wilayah Asia Tenggara. 

Dilansir dari situs INDOFEST, acara ini menampilkan berbagai merek, pertunjukan, kegiatan, komunitas, dan lokakarya di mana Anda dapat memperkaya pengetahuan petualangan Anda. INDOFEST diharapkan menjadi ajang untuk mencari informasi tentang berbagai destinasi petualangan, bertemu komunitas dan aktivis alam, berbagi pengalaman dengan para ahli keamanan dan kenyamanan petualangan, serta mendapatkan perlengkapan terbaru. 

INDOFEST juga menjadi tempat bertemu penyedia peralatan dan layanan untuk kegiatan petualangan dan outdoor, termasuk penyelenggara perjalanan, hotel dan resor, destinasi petualangan, penyelenggara pendakian, pemberdayaan komunitas, dan bisnis oleh-oleh lokal. 

2 dari 4 halaman

2. BNI Java Jazz Festival

Penyanyi Dira Sugandi tampil pada hari kedua BNI Java Jazz Festival 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/5/2022). Perhelatan musik BNI Java Jazz Festival 2022 digelar pada 27-29 Mei dengan menampilkan musisi-musisi dari dalam dan luar negeri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Java Jazz Festival akan kembali hadir pada tahun ini untuk yang ke-18 kalinya. Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 akan digelar selama tiga hari, pada 2-4 Juni 2023, di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.

Terdapat line up fantastis dengan lebih dari 125 musisi Indonesia dan internasional. Terdapat empat special shows tahun ini yakni penampilan dari MAX, Stephen Sanchez, The Chicago Experience Feat. Danny Seraphine & Jeff Coffey, dan gitaris nominasi Grammy, Corry Wong. Selain itu, dari jajaran musisi internasional akan ada penampilan dari Bob James Trio, Laufey, Sister Sledge, Stacey Ryan, Brian Simpson, Grace Kelly, Sezairi, dan masih banyak lagi.

Musisi dalam negeri turut memeriahkan Java Jazz Festival. Di antaranya adalah Andien, Ardhito Pramono, Endah n Rhesa, Alonzo Brata, Lalahuta, Bilal Indrajaya, Vina Panduwinata, dan pianis kebanggaan Joey Alexander. Menambah keseruan, akan ada juga kolaborasi-kolaborasi antara musisi lokal dan internasional.

3. Jakarta E-Prix 

Perhelatan ajang balap mobil listrik Formula E, Jakarta E-Prix 2023 akan digelar pada Sabtu dan Minggu 3-4 Juni mendatang di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta Utara. Formula E Jakarta 2023 akan menggelar dua balapan yang menjadi seri 10 dan 11 musim ini.

Dikutip dari Sports Liputan6.com, Formula E edisi Jakarta tahun ini akan menggunakan format baru, yaitu double header di mana balapan akan dilaksanakan selama dua hari. Seperti diketahui, pada gelaran Formula E tahun lalu balapan hanya diadakan dalam satu hari.

Selain menerapkan format balapan anyar, Formula E Jakarta 2023 juga akan menghadirkan mobil jenis baru, yaitu Gen 3, yang memiliki kualitas dan teknologi lebih bagus. Alberto berharap dengan menghadirkan mobil Gen 3 balapan akan menjadi lebih menarik untuk disaksikan.

3 dari 4 halaman

4. Teater Monolog Drupadi

Teater Monolog Drupadi. (Dok. Instagram/@rumaharcana)

Arcana Foundation bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia akan menghadirkan Teater Monolog "Drupadi" pada 3 Juni 2023 di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Pasar Baru, Jakarta Pusat. Pertunjukan ini merupakan upaya untuk mengangkat kisah Drupadi.

Di balik kedudukannya sebagai keturunan bangsawan, Drupadi menjadi sosok yang paling tersakiti. Ia tak pernah bisa mengungkapkan isi hatinya secara jujur mengingat posisinya sebagai perempuan dan istri para ksatria Pandawa. 

Dilansir dari Instagram Arcana Foundation, naskah monolog ditulis oleh seniman Putu Fajar Arcana, yang juga menjabat sebagai sutradara. Persiapan pementasan telah berlangsung selama hampir tiga bulan di Denpasar, Bali. 

5. Deep Extreme Indonesia 

DXI (DEEP and EXTREME Indonesia) yang ke-15 akan kembali digelar pada 1-4 Juni 2023 di Exhibition Hall B, Jakarta Convention Center, dari jam 10.00 hingga 20.00 WIB. Pameran ini menjadi sorotan utama bagi para penggemar selam atau diving, kelautan, dan ekowisata di Indonesia.

Menjadi satu-satunya acara tahunan yang ditunggu-tunggu, DXI berjanji untuk memberikan pengalaman Aktivitas Ekstrem yang lebih seru bagi mereka yang ingin mewujudkan impian petualangan mereka. Dikutip dari situs resmi DXI, DXI diproduksi dan dikelola secara profesional oleh tim yang berdedikasi penuh terhadap industri ini dan berkomitmen untuk menjadi bagian dalam pembangunan sektor pariwisata yang berkelanjutan dan pelestarian lingkungan.

4 dari 4 halaman

6. Fifgroup 34th Localicious

Semasa Piknik 2022 di Chillax Sudirman. (Dok. Instagram/@semasa_di)

FIFGROUP 34th LOCALICIOUS digelar 1--4 Juni 2023 Di Plaza Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta dan tiket masuknya gratis untuk umum. Acara ini menawarkan berbagai keseruan dari puluhan tenant kuliner legendaris dari berbagai daerah seperti Tengkleng Gajah Yogyakarta, Bebek Sinjay Bangkalan Madura, Sate Buntel H. Bejo Solo, Bale Raos Keraton Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat pameran dan promo menarik dari lima layanan pembiayaan FIFGROUP, berbagai lomba dan kompetisi dengan total hadiah Rp23 juta, undian dengan total hadiah Rp70 juta, serta beragam aktivitas dan workshop yang menawarkan suvenir gratis. Acara ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan spesial dari HIVI!, JKT48, dan WALI.

7. Festival Semesta Berpesta 

Indonesia akan dihentak oleh gelombang musik yang memikat dan semarak dengan hadirnya festival musik terbaru, Festival Semesta Berpesta. Festival ini akan digelar pada 3--4 Juni 2023 di Plaza Parkir ICE BSD Tangerang.  

Pada hari pertama, beberapa artis ternama seperti Isyana Sarasvati, Anji, Pamungkas, /Rif, dan Radja akan mengisi panggung Semesta Berpesta. Sementara pada hari kedua, Ungu, Fourtwnty, Danilla, Kunto Aji, dan DJ Winky siap memukau para penonton dengan penampilan mereka.

Waktu pelaksanaan acara dimulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Event festival musik yang diorganisir oleh RAM Entertainment menawarkan tiga elemen utama, yaitu musik, kuliner, dan mode, sehingga para pengunjung dapat menikmati ketiga aspek tersebut dengan puas.

8. Semasa Piknik 

Semasa Piknik adalah event tahunan yang diadakan oleh Semasa untuk mengajak warga Jakarta mendukung ekonomi kreatif dan UMKM lokal sambil menikmati kegiatan outdoor di kota Jakarta lewat piknik bersama. Semasa Piknik diadakan pada 2--4 Juni 2023 di Taman Lapangan Banteng Jakarta dan gratis untuk umum.

Berbagai kegiatan akan diadakan selama acara berlangsung yaitu antara lain akan ada 120 tenants creative market yang dikurasi secara ketat oleh tim Semasa dengan berbagai kategori seperti fashion, kecantikan, art & craft, dan F&B. Akan ada thrift shop, walking tour untuk mengenalkan sejarah kota jakarta, area bermain anak, dan juga pentas musik.

cara negara amankan pancasila (liputan6.com/triyas)
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya