Bertemu Prabowo, Ketua Umum Purnawirawan Polri: Demi Allah Tidak Bicara Pilpres

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengunjungi Kantor Pusat Persatuan Purnawirawan (PP) Polri, Senin (15/5/2023).

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 16 Mei 2023, 07:47 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengunjungi Kantor Pusat Persatuan Purnawirawan (PP) Polri, Senin (15/5/2023). Prabowo dan Ketua Umum PP Polri Jenderal (Purn) Bambag Hendarso Danuri memberikan keterangan pers. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengunjungi Kantor Pusat Persatuan Purnawirawan (PP) Polri, Senin (15/5/2023).

Ketua Umum PP Polri, Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri, menegaskan kunjungan Prabowo hanya sebatas silaturahmi sebagai Menhan dan tidak ada pembahasan mengenai pilpres 2024.

"Silaturahmi murni sebagai Menhan. Tidak ada sama sekali (bahas Pilpres). Demi Allah tidak bicara pilpres," kata Bambang di kantor PP Polri, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023).

Menurut mantan Kapolri itu, Prabowo hanya menyampaikan kondisi pertahanan dan apa saja tantangan global. Ketua Umum Partai Gerindra itu tidak membahas terkait pilpres 2024, apalagi pencalonannya sebagai capres.

"Kami bangga dengan apa yang disampaikan Beliau. Tentunya Beliau silaturahmi yang pertama di PP Polri, untuk itu kami ucapkan terima kasih," ujar Bambang.

Senada dengan Bambang, Prabowo mengaku sengaja mengunjungi pengusur PP Polri untuk menyambung silahturahmi, khususnya ke organisasi yang memiliki banyak jaringan.

"Semoga kita bisa menjaga sebagai mantan-mantan pejabat yang dipercayakan oleh rakyat untuk bisa terus menyumbang pikiran dan tenaga dalam upaya menjaga ketenangan bagi bangsa dan Tanah Air," ujar Prabowo.

Menurut Prabowo, kunci keberhasilan negara adalah bersatunya seluruh elemen bangsa, terus menjaga silahturahmi serta kerukunan. Meski demikian ia mengakui hal itu cukup sulit diterapkan.

"Gampang diucapkan tapi sulit dilaksanakan. Namun, bangsa Indonesia harus berupaya kompak dan solid dalam Bhinneka Tunggal Ika," kata Prabowo.

"Kunci daripada keberhasilan dan kebangkitan sebuah bangsa, menjadi negara yang maju adalah kalau seluruh elitenya bisa kerja sama, bangsa dan terutama etnisnya bisa bekerja sama, bisa rukun," sambung Prabowo.

2 dari 2 halaman

Prabowo Segera Bertemu SBY

Susilo Bambang Yudhoyono dan Prabowo Subianto salam komando. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Belakangan Prabowo gencar melakukan pertemuan, baik dengan ketua umum partai politik lain hingga politikus senior seperti Jusuf Kalla hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Prabowo mengatakan pertemuan dengan SBY adalah silaturahmi antara purnawirawan jenderal. "Pertemuan antara sesama purnawirawan, biasa itu," ujar Prabowo di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selasa, Senin (15/5/2023).

Prabowo belum juga menjadwalkan pertemuan dengan SBY. Namun dia memastikan pertemuan dengan Presiden keenam RI itu akan digelar.

"Saya tidak tahu. Insyaallah," ujar Prabowo.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebelumnya menyatakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto intens berkomunikasi dengan Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bahkan, Prabowo Subianto tengah mengatur waktu untuk mengunjungi SBY di Cikeas.

"Memang benar dua minggu terakhir ini ada pembahasan ada saling komunikasi, kami mendengar ada kabar dari Pak Prabowo untuk bersilaturahmi dengan Pak SBY. Beliau berdua adalah sahabat saya tahu dari dulu," kata AHY di Gedung KPU, Minggu (14/5/2023).

AHY menegaskan SBY dan Prabowo adalah dua sahabat. Keduanya hendak bertemu untuk membahas isu kebangsaan. "Kita tahu cukup banyak isu kebangsaan yang bisa didiskusikan bersama," kata AHY.

Dia mengatakan keduanya sedang mencari waktu yang pas untuk bertemu. "Yang jelas terus berkomunikasi dan kita sama-sama mencari waktunya sama-sama pas ada di Jakarta, baik Pak SBY dan Pak Prabowo," kata AHY.

Dia menuturkan, koalisi antarpartai politik jelang pemilu 2024 masih cair dan pihaknya membuka komunikasi politik kepada siapapun. Meski demikian, AHY memastikan tetap komitmen dengan Koalisi Perubahan.

"Bagus kalau kita bisa terus membuka komunikasi. Kita tahu konstelasi politik untuk 2024 ini juga masih sangat dinamis dan cair. Walaupun saya harus tegaskan di sini kami Partai Demokrat konsisten saat ini berada dalam Koalisi Perubahan," kata AHY.

 

 

 

 

Infografis 3 Capres Teratas Hasil Musra Relawan Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya