Viral di TikTok, Ini 5 Aplikasi AI Voice Generator yang Bisa Cover Lagu Mirip Suara Artis dan Tokoh Publik Seperti Presiden Jokowi

Berkembangnya teknologi AI turut merambah ke media sosial dengan banyaknya pengguna yang memanfaatkan AI untuk membuat konten lagu cover dengan suara artis lain.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 10 Mei 2023, 06:30 WIB
Aplikasi Voicify.ai untuk membuat konten AI Cover. (Voicify.ai)

Liputan6.com, Jakarta - Belakang ini, industri teknologi sedang gencar mengembangkan teknologi AI yang mampu membantu berbagai kegiatan manusia. Tak ketinggalan, pengguna media sosial pun turut meramaikan penggunaan AI untuk membuat beragam konten.

Di TikTok misalnya, ramai unggahan banyak akun yang berisi lagu dengan suara tiruan orang lain. Lagu tersebut seakan-akan di-cover atau dinyanyikan oleh artis lain maupun tokoh publik, bahkan yang bukan penyanyi sekalipun.

Sebagai contoh, beberapa waktu lalu pengguna TikTok dihebohkan dengan unggahan akun @dhamz._. Video tersebut berisi lagu Cupid milik girl group asal Korea, Fifty Fifty yang terdengar dinyanyikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, video tersebut sudah ditonton sebanyak jutaan kali dan disukai oleh lebih dari ratusan ribu pengguna. 

Adapun konten tersebut merupakan hasil buatan aplikasi AI Voice Generator. Melansir Digital Journal, Rabu (10/5/2023), AI Voice Generator adalah jenis teknologi yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menghasilkan suara yang terdengar alami dengan menghimpun sekumpulan data karakter suara orang lain.

Umumnya, alat ini digunakan untuk menciptakan audio baru yang menyerupai karakter suara artis atau tokoh publik sesuai pilihan pengguna. Hasil tersebutlah yang kemudian dikenal sebagai konten AI Cover

Tertarik untuk coba membuat konten dengan suara AI? Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu coba untuk mengubah vokal dalam lagu jadi suara karakter pilihanmu.

1. Voicify.ai

Aplikasi ini memiliki fitur utama untuk mengolah data audio untuk menciptakan karakter suara yang berbeda. Cara penggunaannya pun cukup mudah. 

Untuk membuat AI Cover, kamu hanya perlu mengunggah file audio atau memasukkan link YouTube dari lagu yang ingin digunakan. Nantinya, program akan mengubah karakter suara penyanyi dalam lagu tersebut menjadi model pilihan kamu.

Voicify.ai menyediakan berbagai model suara musisi ternama, mulai dari Michael Jackson, Drake, Taylor Swift, Doja Cat, The Weeknd, hingga Jennie Blackpink. Tak hanya itu, terdapat pula beberapa model tokoh publik, seperti Donald Trump dan Barack Obama.

2 dari 5 halaman

2. Lovo.ai

Lovo.ai, salah satu aplikasi AI Voice Generator yang paling banyak digunakan. (Lovo.ai)

Lovo.ai merupakan generator suara berbasis AI dan platform text-to-speech yang telah memenangkan penghargaan. Platform ini sangat mudah digunakan untuk menghasilkan suara yang menyerupai suara manusia asli. 

Saat ini, Lovo.ai telah menyediakan beragam suara dan melayani beberapa industri, termasuk hiburan, pendidikan, game, berita, dan lainnya dengan terus menyempurnakan model suaranya. 

Baru-baru ini, Lovo.ai meluncurkan generator suara AI generasi terbaru yang dilengkapi kemampuan video editing, yakni Genny. Alat ini memiliki lebih dari 500 suara AI dalam 20+ emosi dan 150+ bahasa.

Untuk menggunakannya versi gratisnya, kamu perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu dengan email dan beberapa pilihan lainnya.

3 dari 5 halaman

3. Murf.ai

Murf.ai mampu menciptakan suara alami baru dalam waktu singkat. (Murf.ai)

Murf.ai memiliki kemampuan mengolah data teks menjadi audio baru dengan berbagai jenis karakter. Selain itu, aplikasi ini juga mampu mengolah data audio menjadi audio baru dengan karakter suara yang berbeda. 

Murf.ai menciptakan suara alami dalam waktu yang sangat singkat. Alat ini juga dapat membantu berbagai sektor seperti podcaster, animator, author, pendidik, dan mereka yang berada dalam dunia bisnis. 

Platform ini menyediakan perpustakaan yang terdiri atas 110 suara lebih dalam 15 bahasa. Berbagai jenis suara tersebut juga dapat diatur berdasarkan gaya bicara dengan emosi tertentu.

4 dari 5 halaman

4. MagicMic

MagicMic mendukung perekaman video dan audio yang sekaligus mengubah suara. (iMyFoneMagicMic)

Tidak perlu diragukan, teknologi AI MagicMic mampu membuat suara terdengar seperti robot, seorang gadis, wanita, atau pria dengan cara yang sangat mudah. Uniknya, aplikasi ini dapat digunakan secara real-time dengan lebih dari 125 pilihan AI Voice Filters. 

Platform ini juga memiliki 400 lebih efek suara dan 150 lebih voice memes yang dapat digunakan. Selain itu, kamu bisa menggunakan Voicemod pada game atau aplikasi tertentu.

MagicMic pun mendukung perekaman video dan audio yang sekaligus menggunakan pengubah suara. Selain bisa menggunakan pilihan yang tersedia, pengguna juga dapat mempersonalisasi perubahan suara agar sesuai dengan keinginan.

5 dari 5 halaman

5. VoiceMod

VoiceMod dapat membantu membuat suara dan identitas yang unik. (Voicemod.net)

Serupa dengan MagicMic, aplikasi ini juga mampu mengubah suara secara real-time. Bagi pembuat konten, VoiceMod dapat membantu membuat suara dan identitas yang unik.

Untuk fitur, aplikasi ini menyediakan fitur soundboard, teks menjadi lagu, suara AI, Voicelab, dan banyak pilihan suara gratis.

Tak hanya fitur-fiturnya yang canggih, aplikasi ini juga memiliki tampilan antar muka yang mudah digunakan untuk pengguna baru.

Voicemod dapat digunakan secara langsung pada game, seperti Valorant, Minecraft, Fortnite, Overwatch, dan lainnya. Di samping itu, aplikasi komunikasi yang mendukung VoiceMod antara lain, Discord, ZOOM, Google Meet, WhatsApp, Skype, dan masih banyak lagi.

Infografis Pro dan Kontra RUU Permusikan. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya