Hari Buruh Dirayakan Setiap 1 Mei, Begini Potret Aksi May Day dari Berbagai Negara

Tanggal 1 Mei 2023 dipenuhi buruh yang tengah melakukan aksi demo. Aksi ini sebagai peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 01 Mei 2023, 16:30 WIB
Potret HARI BURUH di Berbagai Negara
Tanggal 1 Mei 2023 dipenuhi buruh yang tengah melakukan aksi demo. Aksi ini sebagai peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day.
Anggota Konfederasi Serikat Buruh Korea meneriakkan slogan-slogan saat unjuk rasa May Day di Seoul, Korea Selatan, Senin (1/5/2023). Sejumlah besar pekerja dan aktivis di negara-negara Asia memperingati May Day atau Hari Buruh Internasional pada Senin dengan seruan protes untuk gaji yang lebih tinggi dan kondisi kerja yang lebih baik, di antara tuntutan lainnya. (AP Photo/Lee ​​Jin-man)
Seorang buruh mengangkat tongkat asap selama unjuk rasa Hari Buruh Internasional (May Day) di Jakarta, Indonesia, Senin (1/5/2023). (AP Photo/Dita Alangkara)
Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan saat mereka berdemonstrasi, pada hari Buruh di Istanbul, Turki, Senin (1/5/2023). Seperti tahun-tahun sebelumnya, polisi di Turki mencegah sekelompok demonstran mencapai alun-alun utama Istanbul, Taksim, dan menahan sekitar selusin pengunjuk rasa, demikian laporan televisi independen Sozcu. Para jurnalis yang mencoba merekam para demonstran yang dipaksa masuk ke dalam mobil van polisi, juga didorong mundur atau ditahan. (AP Photo/Khalil Hamra)
Seorang pekerja kontrak mengambil bagian dalam sebuah demonstrasi yang menuntut gaji dan keamanan kerja yang lebih baik pada Hari Buruh Internasional (May Day), di Srinagar pada Senin (1/5/2023). (Tauseef MUSTAFA / AFP)
Para pengunjuk rasa memukul drum saat mereka berbaris selama demonstrasi pada May Day (Hari Buruh), untuk menandai hari internasional para pekerja, lebih dari sebulan setelah pemerintah mendorong undang-undang reformasi pensiun yang tidak populer melalui parlemen, di Lille, Prancis utara, pada 1 Mei 2023. Partai-partai oposisi dan serikat pekerja mendesak para pengunjuk rasa untuk mempertahankan kampanye tiga bulan mereka menentang undang-undang yang akan menaikkan usia pensiun menjadi 64 tahun dari 62 tahun. (Sameer Al-Doumy / AFP)
Seorang buruh perempuan Pakistan menggendong bayinya dan bergabung dalam unjuk rasa May Day, yang menandai Hari Buruh Internasional di Lahore, Pakistan, Senin, 1 Mei 2023. Para peserta unjuk rasa menuntut penerapan undang-undang ketenagakerjaan dan kenaikan upah mereka. (AP Photo/K.M. Chaudary)
Demonstran mengambil bagian dalam unjuk rasa Hari Buruh di Mendiola, Manila pada 1 Mei 2023. Ribuan pekerja Filipina berbaris di jalan-jalan Manila pada hari Senin, mengulangi seruan mereka kepada pemerintah untuk meningkatkan upah minimum dasar dan melindungi pekerjaan di negara tersebut. (JAM STA ROSA / AFP)
Para anggota Centre Of Indian Trade Unions (CITU) mengambil bagian dalam sebuah aksi unjuk rasa pada Hari Buruh Internasional, di Hyderabad, Senin (1/5/2023). (NOAH SEELAM / AFP)
Petugas medis memegang slogan bertuliskan "Saya ingin tunjangan," saat unjuk rasa May Day di Taipei, Taiwan, Senin, 1 Mei 2023. Ribuan pengunjuk rasa dari berbagai kelompok buruh berunjuk rasa di jalan untuk meminta peningkatan kesejahteraan buruh. (AP Photo/Chiang Ying-ying)
Pemain perkusi yang mengenakan pakaian tradisional Lebanon memimpin nyanyian pada pawai hari buruh tahunan di Beirut, Senin, 1 Mei 2023. Ratusan anggota Partai Komunis dan serikat buruh, serta sekelompok pekerja rumah tangga migran, berbaris melalui jalan-jalan di pusat kota Beirut. (AP Photo/Hussein Malla)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya