Ada Sewu Dino hingga Buya Hamka, Ini Sinopsis 4 Film Indonesia Lebaran Idul Fitri 2023: Tayang Mulai Hari Ini di Bioskop

Simak sinopsis Sewu Dino, Buya Hamka, Khanzab serta Jin dan Jun yang jadi film Lebaran Idul Fitri 2023.

oleh Panditio Rayendra diperbarui 19 Apr 2023, 15:00 WIB
Film Lebaran 2023 tayang mulai hari ini 19 April 2023 (Foto: MVP Pictures, Dee Company, MD Pictures, Falcon Pictures/Starvision)

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadhan segera berakhir, hari Lebaran Idul Fitri 2023 sudah di depan mata. Pemerintah telah menetapkan cuti bersama dimulai hari ini, Rabu 19 April 2023. Bertepatan dimulainya musim liburan, film Lebaran pun mulai rilis di bioskop.

Tahun ini ada 4 film Indonesia yang menghiasi layar bioskop. Empat film tersebut adalah Buya Hamka, Jin dan Jun, Khanzab serta Sewu Dino. Film yang tayang dari berbagai genre.

Buya Hamka merupakan drama biopic seorang ulama sekaligus sastrawan Indonesia, dibintangi Vino G Bastian dan Laudya Cynthia Bella. Sementara Jin dan Jun menyuguhkan kisah remaja fantasi. Pencinta horor memiliki dua pilihan yakni Sewu Dino dan Khanzab.

Film Lebaran biasanya meraih sukses secara finansial. Contoh paling dekat, adalah KKN di Desa Penari yang berhasil mencetak rekor film Indonesia terlaris sepanjang masa. Akankah tahun ini ada rekor baru? Berikut sinopsis 4 film Lebaran 2023 dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber.  

2 dari 5 halaman

Buya Hamka

Vino G. Bastian membintangi film Buya Hamka. (Foto: Dok. Instagram @vinogbastian__)

Disutradarai Fajar Bustomi, Buya Hamka menceritakan masa di mana Hamka (Vino G Bastian) menjadi pengurus Muhammadiyah di Makassar dan mampu membawa kemajuan signifikan pada organisasi tersebut.

Hamka lalu diangkat jadi pemred majalah Pedoman Masyarakat. Dianggap berbeda dengan paham yang diusung Jepang, media ini akhirnya ditutup. Hamka diminta melepas jabatannya di Muhammadiyah karena pendekatannya pada Jepang dianggap menjilat.

3 dari 5 halaman

Jin dan Jun

Jin dan Jun (Foto: MVP Pictures)

Diangkat dari serial televisi laris 90-an yang dibintangi Sahrul Gunawan, Jin dan Jun versi layar lebar hadir dengan pemain utama Rey Bong serta Dwi Sasono. Film ini disutradarai Anggy Umbara

Rey Bong berperan sebagai Jun, siswa miskin yang selalu dibully di sekolahnya. Suatu hari ia menemukan botol, yang ternyata berisi jin yang bisa mengabulkan semua permintaan. Tapi ternyata, setiap permintaan mendatangkan konsekuensi masing-masing.

4 dari 5 halaman

Khanzab

Foto/istimewa]

Artis muda Yasamin Jasem dan Tika Bravani adu akting di film Khanzab, arahan sutradara Anggy Umbara. Rahayu (Yasamin) melihat ayahnya dipenggal dalam peristiwa pembantaian dukun santet pada 1998. Bersama ibunya (Tika), Rahayu pindah dari Banyuwangi ke Jetis.

Di tempat tinggal yang sekarang, Rahayu dan ibunya kerap dikucilkan warga. Rahayu berusaha rajin salat buat menenangkan hatinya, namun ia selalu diganggu sosok astral hingga sering lupa rakaat dan bacaan salat.

5 dari 5 halaman

Sewu Dino

Suasana gala premiere film Sewu Dino di Senayan Park Jakarta, 12 April 2023. (Foto: Dok. Instagram @manojpunjabimd)

Diangkat dari utas viral karya Simpleman, sosok yang juga mencetuskan KKN di Desa Penari, Sewu Dino menampilkan Mikha Tambayong sebagai bintang utama. Mikha berperan sebagai Sri, gadis yang hidup serba kekurangan. Suatu hari ia dipekerjakan Keluarga Atmojo dengan gaji tinggi, karena memenuhi kriteria yang tak lazim yakni lahir pada Jumat Kliwon.

Bersama Erna dan Dini, Sri ditugaskan untuk memandikan Dela Atmojo, cucu Mba Karsa Atmojo yang tak sadarkan diri akibat santet. Peristiwa mencekam meneror, namun mereka tak bisa kabur lantaran terikat perjanjian mistis.

infografis journal Fakta Film Horor Digemari Masyarakat Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah).  

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya